Pixel Code jatimnow.com

Sidak Makmin Jelang Lebaran, Bupati Pastikan Stok Bahan Pokok di Jombang Aman

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat melakukan inspeksi mendadak di salah satu toko modern yang ada di Desa Tunggorono, Jombang. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat melakukan inspeksi mendadak di salah satu toko modern yang ada di Desa Tunggorono, Jombang. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Kurang dari sepekan perayaan Idul Fitri, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab melakukan inspeksi mendadak (sidak) makanan dan minuman di salah satu toko modern yang ada di Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, pada Kamis (28/4/2022) pagi.

Tak hanya memastikan stabilitas harga, Bupati juga memastikan stok kebutuhan pokok di Kabupaten Jombang, aman selama Lebaran nantinya.

"Ini saya bersama Dinas Perdagangan, alhamdulillah melimpah, masalah beras juga sudah waktunya panen, jadi tidak ada kekosongan," ungkap Bupati.

Banner Morula IVF Landscape

Dikatakan Bupati, di toko modern ini, stok minyak goreng juga masih aman. Meskipun, setiap harinya minyak goreng kemasan ini laku keras.

“Harganya juga standar, tidak ada kenaikan,” bebernya.

Untuk itu, Bupati memastikan jika stok minyak goreng aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Lebaran.

“Setiap penyedia sudah mendistribusikan minyak ke masyarakat,” ujarnya.

Terkait kualitas produk-produk bahan pokok yang dijual di toko modern ini, juga aman tidak ada produk yang kadaluarsa.

“Aman, kalau ada kemasan yang penyok itu langsung disortir,” ungkap Bupati.

Saat ditanya langkah apa yang dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi, panic buying, Bupati juga memastikan jika hal tersebut tidak akan terjadi.

“Sekarang gak perlu borong-borong, karena tokonya ini hanya tutup sehari, jadi hari kedua sudah buka, gak perlu borong-borong,” tegas dia.

Sementara itu, Hariyanto selaku asisten manager toko modern mengatakan, stok kebutuhan pokok masih aman. Hal ini dikarenakan distribusi kebutuhan pokok dari distributor tidak terkendala.

“Stok selalu tersedia, gak ada kekosongan. Karena pasokan dari distributor ke kami tidak ada kendala, semuanya,” ungkap Hariyanto.

Selain itu, untuk mengantisipasi Lebaran, pihak manajemen toko modern melakukan penambahan stok.

“Kita stoknya itu bisa dua hingga tiga kali lipat, dari hari biasanya. Karena untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kekosongan, yang mengecewakan pelanggan,” bebernya.

Ditanya berapa persen peningkatan penjualan yang terjadi selama sepekan sebelum Lebaran ini. Ia mengaku terjadi peningkatan penjualan hingga 500 persen.

“Peningkatan konsumtifnya bisa sampai 5 kali lebih, dari hari-hari biasa,” tegasnya.

Loading...

Ia menegaskan jika selama ini tidak ada fenomena panic buying di toko modern yang ia kelola, lantaran stok ketersedian bahan pokok masih terpenehui.

"Stok kita stabil, sehingga berapa pun permintaan masyarakat ada kita,” paparnya.

Ketika ditanya berapa harga minyak goreng kemasan yang ia jual. Hariyanto menjelaskan jika harga jual minyak goreng kemasan, masih sesuai dengan harga pasar.

"Harganya masih standar, gak ada kenaikan. Satu hari kita keluarkan 100 karton lebih,” pungkasnya.

Loading...