Pixel Code jatimnow.com

Pemudik Wajib Waspadai 3 Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Lamongan

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Ilustrasi. Kecelakaan di jalan nasional Lamongan - Gresik di Jl. Agung Suprapto Lamongan. (Foto: Dok. Adyad Ammy Iffansah/ jatimnow.com)
Ilustrasi. Kecelakaan di jalan nasional Lamongan - Gresik di Jl. Agung Suprapto Lamongan. (Foto: Dok. Adyad Ammy Iffansah/ jatimnow.com)

Lamongan - Pemudik yang mulai bergerak melalui jalur pantura melewati Kabupaten Lamongan harus mewaspadai beberapa titik lokasi rawan kecelakaan. Apalagi, tahun ini mobilitas pemudik di Jawa Timur diprediksi paling signifikan.

Kasatlantas Polres Lamongan, AKP Aristianto Budi Sutrisno menyebutkan 1 titik yang menjadi penting diwaspadai ialah ruas jalan yang terdapat rel KA. Khususnya di Kecamatan Deket arah Gresik sampai simpang tiga Kecamatan Deket.

Di sana, papar Aris, digolongkan sebagai area blackspot rawan laka lantas sesuai dengan analisa dan evaluasi terbaru. Adapun penyebabnya dikarenakan jalan tersebut mempunyai catatan jumlah kecelakaan yang cukup banyak.

Banner Morula IVF Landscape

Jika melihat kondisinya, sepintas jalan tersebut tampak lenggang dan sepi, kontruksi jalan yang relatif stabil membuat pengendara kadang terlena dan cenderung menaikkan kecepatan kendaraan.

"Sepanjang tahun ini terdapat 3 kejadian kecelakaan di ruas jalan ini namun vatalitas korban ringan," kata AKP Aristianto Budi Sutrisno.

Selain itu, banyaknya pengendara yang memotong jalan di sekitar lokasi dan kondisi jalan yang lurus, serta berada di ruas jalan nasional dengan arus lalu lintas yang padat.

"Kami mengimbau pengendara kendaraan untuk waspada di sekitar area blackspot ini," imbaunya.

Selain di Kecamatan Deket, ruas jalan antara Babat - Jombang juga diketahui rawan kecelakaan. Setidaknya 2 titik ruas jalan ini yang disebabkan karena beberapa hal.

Pertama adalah ruas jalan di Gunung Girik, Jedung Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang. Ruas jalan ini rawan kecelakaan karena kondisinya yang berada di jalan tanjakan.

Ruas lainnya adalah di perbatasan Jombang - Kecamatan Ngimbang yang kondisi jalannya berkelok seperti huruf S.

Sementara, untuk pemudik yang bermaksud untuk lewat atau mudik ke wilayah Pantura Lamongan, anda juga harus mewaspadai sejumlah ruas jalan Daendels yang ada di sepanjang Pantura Lamongan.

Loading...

Di sana, ada 2 ruas yang perlu antisipasi karena rawan terjadinya kecelakaan, yaitu ruas antara Paciran - Kemantren di Kecamatan Paciran dan ruas Brondong - Pambon Belik di Kecamatan Brondong.

"Antisipasi rawan kecelakaan terjadi di 2 ruas jalan Daendels ini karena kondisi jalan tanjakan," papar Aristianto.

Loading...