Pixel Code jatimnow.com

Imbangi Menu Lebaran dengan Makan Sayur, Ini Tips Mengolah Kailan

Editor : Arina Pramudita
Tips mengolah sayur kailan. (Foto: dok @chefedwinlau/jatimnow.com)
Tips mengolah sayur kailan. (Foto: dok @chefedwinlau/jatimnow.com)

Surabaya - Euforia merayakan lebaran tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas seperti Opor Ayam, Sambel Goreng dan Rendang Sapi. Tapi sejumlah pakar kuliner mengimbau agar makan enak di kala Idul Fitri dibarengi dengan makanan sehat seperti olahan sayur.

Konsultan Kesehatan sekaligus Chef kenamaan Edwin Lau, membagikan tips mengolah kailan, si hijau kaya gizi yang dikenal dengan cita rasa pahit namun kaya vitamin A, E, C dan K itu.

"Sebelum dimasak, pilih dulu yang bagus," ujar Edwin, sebagaimana dilihat jatimnow.com melalui akun Instagram pribadinya @chefedwinlau, Selasa (3/5/2022).

Banner Morula IVF Landscape

Kailan yang bagus kualitasnya, lanjut Edwin, memiliki bagian batang yang gemuk. Jenis ini disebutnya jenis baby kailan yang rasanya tak terlalu pahit.

Warna batangnya juga harus hijau segar dengan warna daun hijau pekat.

"Kalau ada bunganya, sebaiknya tidak berwarna kuning namun masih hijau segar," tambahnya.

"Untuk memasaknya pastikan Kailan sudah dicuci bersih dan tidak dipotong agar rasanya tidak terlalu pahit. Namun jika ukurannya terlalu besar, belah dua agar matang merata," bebernya.

Saat memasak, beri garam di air rebusan dan proses 2-3 menit, lalu angkat.

Loading...

"Sajikan dengan tumisan bawang putih, saus tiram dan kaldu. Apabila tidak langsung disajikan, dendam kalian dengan air es untuk menghentikan proses pemasakan," tutupnya.

Loading...