Pixel Code jatimnow.com

Arus Balik Lebaran, 66.608 Pemudik Berangkat dari Stasiun Malang

Editor : Arina Pramudita Reporter : Farizal Tito
Pemudik menggunakan jasa angkutan lebaran kereta api di wilayah Daop 8 Surabaya. (Foto: Humas Daop 8/jatimnow.com)
Pemudik menggunakan jasa angkutan lebaran kereta api di wilayah Daop 8 Surabaya. (Foto: Humas Daop 8/jatimnow.com)

Surabaya - Sebanyak 70 persen kapasitas tempat duduk yang disediakan pada arus balik angkutan lebaran Kereta Api (KA) terjual. Angka itu, merujuk dioperasikannya 40 keberangkatan KA jarak jauh reguler dan 6 keberangkatan KA tambahan per hari.

Rata-rata per hari, Daop 8 menyediakan 24.125 tempat duduk, baik dari Stasiun Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, dan Malang. Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA jarak jauh yaitu 100 persen.
 
Manager Humas KAI Daop 8, Luqman Arif mengatakan, data tanggal 5 Mei 2022 atau H+2 lebaran, penjualan tiket KAI Daop 8 Surabaya pada arus balik angkutan lebaran telah terjual sebanyak 372.426 tempat duduk, atau 70% dari kapasitas yang disediakan sebesar 530.755 tempat duduk.

Sementara itu, khusus keberangkatan dari Stasiun Malang, telah terjual sebanyak 66.608 tempat duduk, atau sekitar 77% dari kapasitas yang disediakan sebanyak 86.263 tempat duduk.

Banner Morula IVF Landscape

"Yang menjadi favorit masyarakat adalah KA dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta, dan Banyuwangi, seperti KA Argo Bromo Anggrek, KA Airlangga, KA Jayabaya, KA Sancaka, KA Probowangi, dan sebagainya," terangnya.

Luqman menjelaskan, ketersediaan tiket KA pada arus balik angkutan lebaran 2022 saat ini masih cukup tersedia, meskipun pemesanan terus meningkat.

Calon pelanggan KA diingatkan untuk memperhatikan kembali persyaratan perjalanan dengan KA sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022. Untuk pelanggan KA Jarak Jauh berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen. Pelanggan di atas 17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak perlu menujukkan hasil negatif screening Covid-19.

"KAI Daop 8 Surabaya mengajak masyarakat yang akan mudik menggunakan jasa KA setelah lebaran agar dapat segera melakukan pemesanan dan merencanakan perjalanan dengan baik dan mengecek ketersediaan tiket secara berkala di aplikasi KAI Access," jelasnya.

Loading...
Loading...