Pengejaran Terduga Teroris Bangil di Kampung Kupang Krajan

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Narendra Bakrie

jatimnow.com - Sejak Kamis (5/7/2018) sore, warga di Kupang Krajan, Surabaya dikejutkan dengan kedatangan polisi berpakaian preman yang menyelidiki sebuah rumah yang diduga pernah ditempati AN, paman istri terduga teroris Bangil.

"Kemarin juga ada (polisi) yang ke sini mas. Menanyakan keberadaan bapak itu (AN) di kampung ini," kata Hastono, ketua RT setempat saat ditemui jatimnow.com, Jumat (6/7/2018).

Menurut Hastono, AN memang pernah menetap lama di kampung tersebut. Namun sudah beberapa tahun lalu pindah karena rumah yang ditempatinya dijual. Keluarga besar AN akhirnya diboyong, entah ke mana.

Hastono bahkan mengaku, kepindahan AN dan keluarga besarnya dilakukan saat dirinya belum menjabat sebagai Ketua RT. Tapi karena ada beberapa polisi yang menanyakan keberadaan AN, dirinya kemudian memanggil sejumlah warga yang sudah lama tinggal di kampung tersebut.

Menurut warga, AN dan keluarganya memang religus. Meski begitu, sehari-hari AN dan keluarganya cukup ramah. Tentang pekerjaan, warga sekitar tidak mengetahui pasti.

"Sebagai RT, saya hafal betul warga saya. Dan kami pastikan, bapak itu (AN) sudah pindah sejak lama dari kampung ini," beber Hastono.

Rumah yang pernah ditempati AN dan keluarganya adalah rumah sederhana. Rumah itu sudah dihuni oleh orang lain yang sama sekali tidak terkait dengan AN dan keluarganya.

"Kami dan warga juga memastikan, keluarga bapak itu (AN) sudah tidak ada yang tersisa di sini," tegas Hastono.

jatimnow.com memang sengaja mencari keberadaan AN setelah mendapat informasi bahwa AN merupakan keluarga Dina Rohana (40), istri Abdullah (43) terduga teroris yang saat ini tengah diburu polisi setelah bom rakitannya meledak di rumah kontrakan mereka di Kelurahan Pogar, Bangil, Pasuruan.

Dari infomasi yang dihimpun, AN merupakan paman kandung dari Dina Rohana. AN juga diduga kenal baik dengan Abdullah alias Anwardi. AN, informasinya kerap membesuk sejumlah napi teroris di sebuah lapas di Jawa Timur. Selain di Kupang Krajan Surabaya, AN teridentifikasi memiliki rumah beralamat di Ponorogo.

Dina Rohana saat ini masih diperiksa di Polda Jatim. Anaknya yang berumur tiga tahun dirawat di RS Bhayangkara Polda Jatim karena lukanya terkena ledakan bom yang cukup parah.

Suami Dina yang memiliki tiga identitas masih belum tertangkap setelah bom yang dirakit di rumahnya, Bangil, Pasuruan meledak pada Kamis (5/7).

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Budi Sugiharto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter