Benarkah Terduga Teroris Bangil Kabur Bawa Ransel Isi Bom?

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin

jatimnow.com- Abdullah alias Anwardi alias Achmad Muslim, terduga teroris yang merakit bom di Bangil, Kabupaten Pasuruan, dikabarkan kabur dengan membawa tas ransel yang berisi bom. Benarkah?

"Kita nggak tahu. Yang jelas, dia bawa tas ransel," jawab Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin kepada wartawan usai menjenguk balita korban ledakan bom Bangi, bersama Gubernur Jatim dan Pangdam V Brawijaya, di RS Bhayangkara Polda Jatim, Jumat (6/7/2018).

Machfud mengatakan, ketika kabur memba tas ransel, pelaku melempari masyarakat yang berkerumun di dekat rumahnya di Pogar, Bangil.

"Melempar masyarakat yang berkerumun dengan semacam bondet, bom ikan, karena nggak ada isinya (paku atau pelor) apa-apa. Semacam petasan hanya untuk menakut-nakuti," tuturnya.

 Machfud Arifin menerangkan, ledakan di rumah pelaku itu  daya ledaknya bersifat kecil atau low explosive, meski ada bahan seperti paku yang tercecer.

"Masih dalam proses rakitan. Tapi daya ledaknya sangat rendah. Rumahnya nggak terlalu besar, ada piring tidak berantakan, tidak bergerak, makanya tidak tumpah. Kalau ledakannya besar, itu pasti melayang," terangnya.

 Machfud Arifin  juga mengucapkan terima kasih kepada babinsa, bhabinkamtibmas, serta masyarakat yang berencana akan melakukan operasi penertiban KTP. Belum dilaksanakan, ternyata sudah ada kejadian (bom meledak).

"Imbauan kita kepada masyarakat, kalau mengetahui perilaku orang baru yang aneh-aneh, yang tertutup, tamunya malam-malam, siang-siang, nggak mau bergaul, laporkan ke babinsa, bhabinkamtibmas, tiga pilar, ke kepala desa, RT, RW," katanya.

"Terima kasih pak gubernur yang menggelorakan kebersamaan. Kami dengan pangdam, TNI, kerjasama terus untuk bisa melakukan penangkapan pada pelakunya ini," jelasnya.

Reporter: Rois Jajeli

Editor: Budi Sugiharto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter