Pixel Code jatimnow.com

Puncak Arus Balik Diprediksi Hari ini, Polda Jatim Tambah Personel Pengamanan

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Elok Aprianto
Kondisi arus lalu lintas di jalur arteri Bandarkedungmulyo Jombang.(Foto: Elok Aprianto)
Kondisi arus lalu lintas di jalur arteri Bandarkedungmulyo Jombang.(Foto: Elok Aprianto)

Jombang - Polda Jawa Timur memperkirakan adanya kenaikan volume kendaraan di ruas jalan arteri di wilayah Bandarkedungmulyo, Jombang, pada Sabtu (7/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022) besok. Hal tersebut berkaitan dengan puncak arus balik Lebaran 2022.

Untuk mengantisipasinya, Polda Jatim melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan melakukan penguatan personel untuk mengoptimalkan pengamanan di H+4 Lebaran.

"Sabtu dini hari dan Minggu dini hari, seluruh kota dan kabupaten di Jawa Timur melakukan perkuatan," ungkap Wakil Direktur Ditlantas Polda Jatim AKBP Didit Bambang Wibowo, Sabtu (7/5/2022).

Banner Morula IVF Landscape

Didit menjelaskan, penambahan personel diharapkan mampu menciptakan kondisi arus balik yang aman dan sehat bagi pengendara. Harapannya tidak adanya fatalitas rate yang mengakibatkan kecelakaan. Untuk wilayah Mengkreng, yang menjadi pusat perhatian utama yakni di jalur sekitar Bandarkedungmulyo Jombang.

"Jombang itu ada pertemuan antara jalur tol dan jalur arteri, di situ adanya kross. Berikutnya ada dua perlintasan kereta api yang menimbulkan perlambatan juga. Kemudian ditambahkan lagi kawasan jajanan kuliner. Selanjutnya ada juga persimpangan," bebernya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada 3 rekayasa arus yang telah disiapkan. Yakni, pengalihan arus, contra flow dan one way untuk kondisi yang darurat.

"Sekarang kami masih melakukan dua skenario. Yakni, pengalihan arus dan Contra flow," ucap Didit.

Seiring dengan perkiraaan puncak arus balik, Didit menghimbau agar para pengguna jalan melakukan persiapan dengan matang.

Loading...

"Mulai sekarang dipersiapkan secara bertahap, dan tetap menjaga kesehatannya," pungkasnya.

Loading...