Pixel Code jatimnow.com

Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Ipuk Pastikan Layanan Publik Berjalan Optimal

Editor : Redaksi
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat memastikan pelayanan publik di hari pertama masuk kerja (Foto-foto: Humas Pemkab Banyuwangi)
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat memastikan pelayanan publik di hari pertama masuk kerja (Foto-foto: Humas Pemkab Banyuwangi)

Banyuwangi - Mengawali hari pertama masuk kantor usai libur lebaran, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meninjau sejumlah layanan publik dan kantor pemerintahan, Senin (9/5/2022).

"Setelah libur yang cukup panjang, kita ingin memastikan pada hari pertama kerja ini, semua layanan publik berjalan dengan baik. Saya tidak ingin ada tumpukan masalah pada hari pertama," ungkap Ipuk.

Salah satu layanan publik yang pertama kali disidak adalah Puskesmas Sobo, Banyuwangi. Hal ini untuk memastikan pemberian layanan kesehatan tetap berjalan dengan baik.

Banner Morula IVF Landscape

"Kami ingin melihat bagaimana layanan kesehatan. Karena setelah liburan, biasanya orang yang ke puskesmas langsung banyak. Nah kami ingin memastikan warga terlayani dengan baik. Jangan sampai antri berjam-jam," terang Ipuk.

Ipuk mendorong warga untuk memanfaatkan layanan Mal Orang Sehat yang ada di setiap puskesmas. Mal Orang Sehat adalah inovasi pemkab di mana setiap puskesmas wajib menyediakan konsultasi kesehatan yang sifatnya preventif.

"Seringkali selama lebaran kemarin kita agak-agak khilaf, makan macam-macam. Masyarakat bisa datang memeriksakan kesehatannya untuk mencegah penyakit lebih lanjut," papar dia.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat memastikan pelayanan publik di hari pertama masuk kerjaBupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat memastikan pelayanan publik di hari pertama masuk kerja

Tidak hanya sektor kesehatan, Ipuk juga mendatangi Mall Pelayanan Publik (MPP). Sebagai tempat jujugan masyarakat yang mengurus beragam perizinan hingga berbagai dokumen, MPP kerap mendapat perhatian luas. Oleh karena itu, tempat tersebut dipantau secara spesifik oleh Bupati Ipuk.

"Sedang mengurus apa, Bu?" tanya Ipuk ke pengunjung yang sedang mengantre.

"Mengurus surat pindah," jawabnya.

Ipuk memastikan semua loket pelayanan sudah aktif dan para pengunjung dapat terlayani dengan baik.

"Tadi saya melihat masih ada beberapa SOP yang belum berjalan. Ini segera diperbaiki agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan cepat dan efektif," ujar Ipuk.

Sebelumnya, Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Transmigrasi Banyuwangi juga membuka layanan selama liburan kemarin. Ini dilakukan untuk memfasilitasi warga yang sedang mudik ke Banyuwangi sekaligus untuk mengurus surat kependudukan.

Loading...

Pada hari pertama kerja itu pun Ipuk menyidak sejumlah kantor dinas. Memeriksa kehadiran para Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kami belum menemukan ada ASN yang bolos," pungkas Ipuk saat sidak di Kantor Diskominfo Banyuwangi.

Loading...