Pixel Code jatimnow.com

Tiga Parpol di Jatim dengan Elektabilitas Tertinggi Berdasarkan Survei ARCI

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Direktur ARCI, Baihaki Sirajt saat merilis hasil survei elektabilitas parpol di Jatim (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Direktur ARCI, Baihaki Sirajt saat merilis hasil survei elektabilitas parpol di Jatim (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

Surabaya - Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik (parpol) di Jatim. Hasilnya, PKB masih di posisi teratas dengan elektabilitas 19,9%. Sedangkan Partai Gerindra masih eksis di 3 besar.

"PKB masih teratas, bersaing ketat dengan PDI Perjuangan di peringkat kedua. Dan Gerindra di peringkat ketiga ini sewaktu-waktu berpeluang mendekati," ujar Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, Kamis (12/5/2022).

Baihaki mengatakan, faktor utama PKB berada di peringkat pertama karena kedekatan partai dengan basis-basis Nahdlatul Ulama (NU) di Jatim.

Banner Morula IVF Landscape

Sementara, PDI Perjuangan yang menjadi partai pemenang di Jatim pada Pileg 2019, dalam survei ARCI elektabilitasnya berada di posisi kedua di angka 16,2%. Tidak terpaut jauh di peringkat ketiga ada Partai Gerindra dengan elektabilitas 14,9%.

"Gerindra ini luar biasa sosialisasinya saat ini. Di bawah pimpinan Anwar Sadad, salah satunya Gerindra ini sangat masif turun ke bawah, juga sering mendapat porsi pemberitaan di Jatim," jelas dia.

Elektabilitas parpol di Jatim berdasarkan survei ARCIElektabilitas parpol di Jatim berdasarkan survei ARCI

Menurut Baihaki, Gerindra bertarung ketat dengan PKB di wilayah Tapal Kuda. Di wilayah ini, kedua partai berebut basis NU.

Dia menambahkan, komposisi tiga besar parpol di Jatim menurut hasil survei ini tidak akan jauh dari PKB, PDIP dan Gerindra.

Survei ARCI ini dilakukan di 38 kabupaten dan kota Jatim. Survei ini memakai multistage random sampling. Ada 1.200 responden yang berpartisipasi, dengan margin of error sebesar 3%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Loading...

Berikut elektabilitas parpol di Jatim berdasarkan Survei ARCI:
1. PKB, 19,9%
2. PDIP, 16,2%
3. Gerindra, 14,9%
4. Golkar, 10,1%
5. Demokrat, 7,6 %
6. NasDem, 6,9%
7. PPP, 5,5%
8. PAN, 3,2%
9. PKS, 2,7%
10. Perindo, 1,9%
11. Hanura, 1,4%
12. PSI, 0,5%
13. Berkarya, 0,25%
14. Tidak diketahui, 8,95%.

Loading...