Pixel Code jatimnow.com

Susur Sungai di Desa Keling, Kabupaten Kediri: Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Keseruan wisata susur sungai di Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri (Foto-foto: Pokdarwis Desa Keling for jatimnow.com)
Keseruan wisata susur sungai di Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri (Foto-foto: Pokdarwis Desa Keling for jatimnow.com)

Kediri - Tidak hanya destinasi wisata Gunung Kelud atau kawasan dingin lereng Gunung Wilis. Kabupaten Kediri juga punya wisata alam susur sungai yang tak sekadar indah, tapi juga menantang.

Namanya River Tubing, salah satu destinasi wisata yang ditawarkan Desa Keling, Kecamatan Kepung. Wisata ini merupakan kegiatan adventure susur sungai sejauh 2,5 kilometer dengan menggunakan ban.

River Tubing diawali dari kawasan wisata Goa Jegles dan finish di bangunan kuno Terowongan Bok Pendem. Sebuah jembatan peninggalan Kolonial Belanda dengan angka Tahun 1882.

Banner Morula IVF Landscape

Tak hanya belajar sejarah, wisatawan bakal disuguhi bermacam pemandangan yang eksotis selama perjalanan. Mulai dari pemandangan hutan bambu, tebing dan sejumlah air terjun kecil.

"Banyak jeram juga yang pastinya akan menambah keseruan selama berpetualang di desa ini. Sangat memacu adrenalin," ujar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Keling, Didin Saputro, Minggu (15/5/2022).

Untuk menikmati keseruan River Tubing ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 65 ribu per orang. Tak hanya menikmati keindahannya, pengunjung juga akan mendapat pengetahuan tambahan tentang desa bersejarah ini, dari pemuda karang taruna yang yang aktif mengelola wisata di desanya.

Keseruan wisata susur sungai di Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten KedirKeseruan wisata susur sungai di Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kedir

Mereka juga bisa menyantap makanan-makanan khas Desa Keling saat perut lapar usai susur sungai. Pastikan jangan datang sendirian yaa.

"Itu sudah dapat fasilitas antar jemput, pemandu, peralatan tubing dan konsumsi," tambahnya.

Usai susur sungai, pengunjung juga bisa menikmati Goa Jegles lebih jauh. Goa Jegles merupakan rekahan tanah raksasa yang ada di dataran rendah Desa Keling.

Goa ini merupakan bentukan alam. Banyak yang meyakini bahwa terbentuknya Goa Jegles ini salah satu dampak dari aktivitas vulkanik Gunung Kelud. Hal ini didukung dengan struktur goa yang merupakan batuan beku.

Goa Jegles menjadi salah satu destinasi yang masuk pada paket wisata Live in Desa Keling. Wisatawan akan diajak menyusuri goa dan juga Arung Kuno sebagai salah satu instalasi keairan zaman kerajaan.

Di dalam wisata alam ini, ditawarkan pemandangan yang mempesona. Termasuk adanya kolam ikan bawah tanah yang sekilas mirip aquarium raksasa.

Loading...

Anda tertarik? Ini mungkin bisa menjadi salah satu destinasi wisata alternatif, saat anda ingin menikmati liburan.

 

Loading...