Pixel Code jatimnow.com

Perayaan Waisak 2022 di Klenteng Tri Dharma Sumbernaga Digelar Penuh

Editor : Arina Pramudita Reporter : Mahfud Hidayatullah
Umah Buddha merayakan Hari Raya Waisak di Klenteng Tri Darma Sumbernaga. (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)
Umah Buddha merayakan Hari Raya Waisak di Klenteng Tri Darma Sumbernaga. (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)

Probolinggo - Umat Buddha di Kota Probolinggo menjalani Hari Raya Waisak dengan antusias di Klenteng Tri Dharma Sumbernaga, Senin (16/5/2022). Sempat vakum karena peristiwa kebakaran pada 2019 dan pandemi Covid-19, kini mereka bisa menjalani peribadatan bersama dengan penuh sukacita.

Ratusan umat tampak melakukan pemujaan usai memandikan patung Buddha untuk memperingati Waisak. Ketua 2 Tempat Peribadatan Klenteng Tri Dharma Sumbernaga Irfan Susianto mengatakan, tahun ini serangkaian ibadah Waisak dilakukan secara penuh.

"Karena 3 tahun lalu kita mengalami musibah kebakaran dan dilanjut dengan situasi Covid-19. Namun tahun ini kegiatannya lebih full kembali seperti tahun sebelum hal itu terjadi," jelasnya.

"Tadi juga umat menggelar pendupan, memberikan persembahan kepada sang Buddha, membacakan parita serta melakukan bermeditasi di detik-detik Waisak. Serta nanti malam akan ditutup dengan melakukan kegiatan sembayang bersama dengan melakukan pemujaan dewa yang ada, seluruh ratusan umat Buddha dengan mengelilingi lokasi klenteng sebanyak tiga kali searah jarum jam sebagai bentuk penghormatan tertinggi terhadap objek yang kita kelilingi," urai Irfan.

Baca juga:
Menjumpai Ronald Bintang, Pemuda Kota Probolinggo Peraih Perunggu Sea Games 2021

Dwi Purnama, umat yang beribadah Klenteng Tri Dharma Sumbernaga mengaku antusias dengan kembalinya pelaksaan rangkaian Waisak di tahun 2022 secara utuh. Ia berharap Waisak tahun ini bisa membawa keberkahan secara ekonomi dan kesehatan bagi semuanya.

"Tahun ini untuk peribadatan memang lebih full dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena kondisi Covid-19. Karena situasi tahun ini sudah mulai melandai maka kami datang untuk sembayangan di sini," jelasnya.

Baca juga:
Disergap saat Transaksi Pil Koplo di Kota Probolinggo, 4 Orang Diamankan

Umat Buddha di Kota Probolinggo merayakan Waisak di Klenteng Tri Dharma Sumbernaga.Umat Buddha di Kota Probolinggo merayakan Waisak di Klenteng Tri Dharma Sumbernaga.

Loading...
Loading...