Pixel Code jatimnow.com

Peringati Harkitnas Ke-114, Gus Ipul Tekankan Kebangkitan dari Masa Pandemi

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Moch Rois
Upacara Harkitmas Pemkot Pasuruan. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)
Upacara Harkitmas Pemkot Pasuruan. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)

Pasuruan - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Mei. Tahun ini merupakan peringatan Harkitnas ke-114. Tema yang diusung pada Harkitnas tahun ini adalah "Ayo Bangkit Bersama!".

Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melaksanakan upacara bendera untuk memperingati Harkitnas ke-114 di halaman kantor BKD pada Jumat (20/5/2022).

Dalam upacara, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai inspektur, menekankan Harkitnas hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja.

"Harkitnas ini hendaknya tidak kita maknai sebagai seremonial saja, namun kita harus memaknai dari sisi historis di balik Harkitnas," kata Gus Ipul.

Gus Ipul pun menjelaskan sisi historis Harkitnas. Di masa itu terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. 

Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

"Semangat yang dicontohkan oleh himpunan Boedi Oetomo ini diharapkan dapat kita terapkan untuk masa pandemi yang saat ini kita hadapi," jelasnya.

Baca juga:
Harkitnas 2022, Adi Sutarwijono: Inovasi Surabaya Menginspirasi Indonesia

Gus Ipul berpandangan, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Dimana krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil.

Semangat Boedi Oetomo patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

"Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia," imbuhnya. 

Baca juga:
Dengan SICITA, Kader PDIP Surabaya Pupuk Soliditas, Perkuat Basis di Masyarakat

Gus Ipul menilai di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Harkitnas sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

Loading...

"Mari kita maknai Harkitnas ini sebagai tonggak kebangkitan dari Pandemi Covid-19. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat," tandasnya.

Ucapara Harkitnas ini pun diikuti oleh pasukan bersenjata Kodim 0819 Pasuruan, pasukan bersenjata Yonzipur 10 Pasuruan, pasukan bersenjata Puslatsus Marinir Grati, pasukan bersenjata Polres Pasuruan Kota, Gabungan Korpri, Gabungan PGRI, Mahasiswa Unmer, Mahasiswa Uniwara, Mahasiswa Unej Kampus Pasuruan, gabungan SLTA, gabungan SLTP, gabungan Pramuka yang masing-masing gabungan 10 pasukan. 

Loading...