Pixel Code jatimnow.com

Dorong Peningkatan Mutu, UHW Perbanas Latih Kompetensi Pendidik di Surabaya

Editor : Arina Pramudita Reporter : Farizal Tito
Saat dosen UHW Perbanas melatih kompetensi pendidik dan pengelolaan media sekolah. (Foto: Dok UHW Perbanas/jatimnow.com)
Saat dosen UHW Perbanas melatih kompetensi pendidik dan pengelolaan media sekolah. (Foto: Dok UHW Perbanas/jatimnow.com)

Surabaya - Pemanfaatan teknologi di bidang pembejalaran menjadi suatu keniscayaan. Pendidik bisa memanfaatkan beragam aplikasi maupun media pembelajaran yang kreatif agar suasana belajar semakin menarik dan menyenangkan.

Namun, tidak semua sekolah bisa memenuhi tuntutan itu mengingat kompetensi pendidik yang tidak merata, fasilitas penunjang belum memadahi, hingga motivasi pendidik yang menurun serta kurangnya kemaharin dalam pengelolaan media promosi sekolah.

Hal itulah yang juga dialami oleh salah satu Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Khoiriyyah yang beralamatkan di Jalan Wonorejo Gg. Masjid No. 1-2, Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Keadaan tersebut direspon oleh dua tim dosen Universitas Hayam Wuruk Perbanas untuk melakukan Pengabdian Masyarakat dengan dilandasi penandatangan naskah kerja sama kedua belah pihak.

Tim pertama Dosen UHW Perbanas memberikan pelatihan terkait motivasi guru SD setempat serta pemanfaatan teknologi pembelajaran agar menarik minat saat belajar. Selanjutnya, tim kedua mendukung pengelolaan media promosi sekolah melalui sarana website dan media sosial yang selama ini belum tersentuh optimal.

Kepala Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerjasama UHW Perbanas, Dr. Muazaroh, M.T., menuturkan secara pengakuan SDI Al Khoiriyyah Surabaya sudah memperoleh akreditasi B berdasarkan pangkalan data Kemdikbud RI. Pihaknya pun observasi ke sekolah tersebut dan menemukan sejumlah kendala yang harus segera diberikan solusi.

Baca juga:
Mobil Pekerja WO Dibobol saat Parkir di Restoran, Laptop hingga Dompet Raib

”Kami hadir untuk memotivasi dan memberikan pemahaman tentang tenaga pendidik profesional. Di mana beberapa tahun belakang dianggap mengalami penurunan karena pandemi. Di samping itu, kami juga memberikan pembekalan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran,” ungkap Muazaroh, yang juga sebagai Ketua Tim Pertama Dosen Pengabdian Masyrakat setempat, Jumat (20/5/2022).

Di samping itu, dari sisi tata kelola sekolah Ketua Tim Kedua Dosen, Mochamad Nurhadi, S.Kom., M.M., turut mendukung dalam mengoptimalkan peran website dan media sosial sekolah untuk aktivitas promosi.

Menurutnya, sejauh ini belum ada perhatian dan kompetensi khusus dari sekolah dalam upaya pengumpulan data dan informasi yang mengarah pada aktivitas promosi agar bisa dijangkau oleh masyarakat luas.

Baca juga:
Peredaran Uang Palsu di Sekitar Kebun Binatang Surabaya, Waspadai Modus Ini

”Berangkat dari kondisi tersebut, tim dosen yang berada di Program Studi S1 Sistem Infomasi maupun S1 Informatika UHW Perbanas berupaya mengabdikan keahliannya untuk mengelola media informasi sekolah. Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi guru dan tenaga admin SDI Al Khoiriyyah Surabaya agar terampil dalam penyajian informasi kepada siswa, orang tua/wali, maupun masyarakat umum,” urai Moch. Nurhadi.

Loading...

Sementara itu, Kepala SD Islam Al Khoiriyyah Surabaya, Nur Cholis Shaleh, S.Sos., merasa sangat terbantu dalam pengelolaan sekolahnya. Pasalnya, kegiatan pelatihan semacam itu baru pertama kali dilakukan olehnya bersama jajaran guru maupun tenaga admin.

”Terima kasih kepada Rektor UHW Perbanas atas program yang dijalin saat ini. Program ini sangat membantu dalam upaya peningkatan motivasi, inovasi, hingga kompetensi guru sehingga berdampak pada mutu yang semakin baik. Semoga hubungan ini terus berlanjut tidak sebatas pelatihan, namun ada diskusi maupun kunjungan secara informal membahas peningkatan mutu pendidikan,” harapnya.

Loading...