Pixel Code jatimnow.com

Kenalkan Potensi Lokal, Dekranasda Trenggalek Gelar Fashion Day di Jakarta

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Ketua Dekranasda Trenggalek, Novita Hardini Mochamad dalam event Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di Jakarta (Foto--foto: Humas Pemkab Trenggalek)
Ketua Dekranasda Trenggalek, Novita Hardini Mochamad dalam event Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di Jakarta (Foto--foto: Humas Pemkab Trenggalek)

Trenggalek - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranesda) Kabupaten Trenggalek menggelar Merayu Trenggalek Fashion Day 2022, di Museum Tekstil Jakarta.

Event ini berlangsung dua hari hingga besok. Gelaran event tersebut merupakan satu upaya memperkenalkan pesona Trenggalek, sebagai lokal wisdom Jawa Timur sekaligus mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat agar lebih dikenal publik.

Ketua Dekranasda Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad mengatakan, Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 merupakan annual event yang akan diselenggarakan setiap tahunnya.

Untuk tahun ini, Kota Jakarta terpilih menjadi tempat pelaksanaan even akbar itu. Melalui event tersebut, diharapkan dapat mengakselerasi seluruh potensi daerah dan masyarakat Trenggalek. Khususnya pelaku UMKM dapat naik kelas dan bersaing di tingkat nasional dan internasional.

"Bukan sekedar ceremony tahunan belaka apalagi hanya untuk dikenang. Saya menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya perempuan dan insan UMKM, untuk memanfaatkan sekaligus menjadikan Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 sebagai momentum kebangkitan perekonomian masyarakat dan daerah Trenggalek," ujar Novita, Jumat (20/5/2022).

Menurut Novita, kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik untuk menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat dan daerah Trenggalek, yang terdampak selama masa pandemi.

Baca juga:
Sukses Kembangkan UMKM di Indonesia, PT PJB Sabet Penghargaan ICSB

Event tersebut juga termasuk dalam program kerja Dekranasda yang berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM yang concern menumbuhkembangkan 1000 pengusaha perempuan baru tangguh Indonesia.

Ketua Dekranasda Trenggalek, Novita Hardini Mochamad dalam event Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di JakartaKetua Dekranasda Trenggalek, Novita Hardini Mochamad dalam event Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di Jakarta

"Berbeda dengan event fashion show lain yang sudah lebih dahulu bermunculan, Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 lebih menonjolkan kearifan lokal Jawa Timur khususnya Kabupaten Trenggalek," papar dia.

Baca juga:
UHW Perbanas Menggelar Pelatih Digital Marketing untuk UMKM Rusunawa Wonorejo

Event ini tidak hanya menyajikan exhibiton saja. Namun terdapat beberapa kegiatan bersifat edukasi termasuk talkshow seputar dunia UMKM, serta workshop terkait kearifan lokal Kabupaten Trenggalek. Para pengunjung dapat belajar cara mencanting kain batik, langsung dari pengerajin kain batik Trenggalek.

Loading...

"Mari kita jadikan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei yang bertepatan dengan Merayu Trenggalek Fashion Day 2022, sebagai momentum kebangkitkan UMKM Trenggalek. UMKM Indonesia agar berjaya dan menjadi raja di negeri sendiri dan mancanegara," pungkas Novita.

Loading...