Pixel Code jatimnow.com

Buka Bimbingan Manasik Haji 2022, Gus Ipul Berpesan CJH Jaga Kesehatan

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Moch Rois
Gus Ipul saat membuka bimbingan manasik haji. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)
Gus Ipul saat membuka bimbingan manasik haji. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)

Pasuruan - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membuka acara bimbingan manasik haji massal yang diikuti 125 calon jemaah haji (CJH) Kota Pasuruan tahun 1443H/2022 M di Gedung Gradika, bersama Kemenag Kota Pasuruan, Rabu (25/5/2022).

Gus Ipul pun mengucapkan rasa syukur atas dibukanya kembali pemberangkatan haji setelah dua tahun harus berhenti karena pandemi Covid-19.

"Tentu ini kita harus syukuri, mudah-mudahan perjalanan para jemaah lancar, dan bisa jadi haji mabrur serta dapat mendoakan Indonesia, Jawa Timur, khususnya Kota Pasuruan agar bisa menjadi daerah yang sejahtera, aman dan nyaman untuk warganya," jelas Gus Ipul.

Gus Ipul menjelaskan Pemerintah Indonesia menetapkan aturan calon jemaah haji yang bisa berangkat adalah yang memiliki batas usia di bawah 65 tahun.

"Karena kondisi cuaca di sana akan relatif panas, untuk itu usia dibatasi. Harapanya tahun depan kuota haji dapat ditambah," imbuhnya.

Gus Ipul juga berpesan kepada para jemaah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga kesehatan jasmani dan rohani serta melakukan persiapan yang cukup.

Baca juga:
Terganjal Batas Usia, 314 CJH asal Ponorogo Tahun Ini Gagal Berangkat

"Yang terpenting saya berpesan kepada para jemaah untuk menjaga kesehatan, tetap mematuhi protokol kesehatan walaupun di sana agak longgar namun kita tetap harus melakukan persiapan yang cukup terutama fisik sehat, sudah vaksin, dan PCR," lanjutnya.

Ia juga meminta kepada jemaah untuk mendoakan agar permasalahan-permasalahan yang berada di Indonesia, Jawa Timur khususnya Kota Pasuruan dapat diselesaikan.

"Saya ingin Indonesia, Jawa Timur, khusunya Kota Pasuruan didoakan agar semua permasalahan-permasalahan dapat diselesaikan dengan baik beriringan dengan pertolongan Allah SWT," harapnya.

Baca juga:
Gus Ipul: Perencanaan Peraturan Harus Sesuai Aspirasi dan Kepentingan Masyarakat

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan, Abdurrahman mengatakan kegiatan ini bertujuan, pertama untuk meningkatkan kemampuan manasik jemah haji, kedua memberikan pemahaman dan ketentuan manasik haji agar dalam berjalan tertib nyaman dan aman sesuai ketentuan agama.

Loading...

Ketiga, memberikan informasi sedini mungkin tentang ibadah haji sesuai ketentuan yang berlaku, keempat dapat memberikan deskripsi kepada jemaah terkait, suasana, adat istiadat sehingga para jemaah mampu beradaptasi, dan kelima memberi target manasik haji.

"Bimbingan manasik haji massal ini akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 25 Mei 2022 sampai dengan 26 Mei 2022. Dan di tingkat kecamatan akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei 2022 hingga 2 Juni 2022," tandasnya.

Loading...