Pixel Code jatimnow.com

Kunjungi Ponpes Darul Ulum Jombang, Wapres Ma'ruf Amin Motivasi Santri

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Elok Aprianto
Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat mengunjungi Ponpes Darul Ulum Jombang (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat mengunjungi Ponpes Darul Ulum Jombang (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memberikan motivasi kepasa ribuan santri, Jumat (3/6/2022).

Menurut Wapres Ma'ruf Amin, ponpes adalah tempat mencetak para santri menjadi calon pemimpin bangsa.

"Santri bisa menjadi apapun. Bisa menjadi bupati, menjadi gubernur, menjadi menteri, menjadi wakil presiden, bahkan menjadi presiden. KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah santri yang berhasil menjadi presiden. Saya juga santri, bisa menjadi wakil presiden," ungkapnya.

Meski demikian, Wapres Ma'ruf Amin menegaskan jika, tujuan utama seorang santri bukan mencari jabatan. Melainkan mencari ilmu yang dilandasi niat karena Allah semata.

"Semoga ke depan ada santri Darul Ulum Jombang yang menjadi pimpinan nasional. Ada santri Darul Ulum yang bisa menjadi presiden," tambahnya.

Pidato motivasi Wapres Ma'ruf Amin ini disampaikan seusai dirinya menjadi imam Salat Jumat di Masjid Induk Ponpes Darul Ulum.

Dia kembali menyampaikan bahwa santri harus rajin belajar. Karena keberadaan santri akan menjadi penerus para ulama. Untuk itu, selama di pesantren santri harus mengurangi makan dan mengurangi tidur.

Baca juga:
Tingkatkan Kualitas Standar Pelayanan, Gus Ipul Kunjungi Ombudsman Jatim

"Karena pesantren adalah tempat penggemblengan agar santri menjadi 'orang'. Bisa menjadi penerus ulama dan kiai," pungkasnya.

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat mengunjungi Ponpes Darul Ulum JombangWakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat mengunjungi Ponpes Darul Ulum Jombang

Untuk diketahui, Wapres Ma'ruf Amin juga menyerahkan bantuan secara simbolis program santripreneur dari Baznas untuk santri Ponpes Darul Ulum.

Penyerahan dilakukan secara simbolis pada tiga santri saat berada di masjid induk. Dengan program itu, Wapres Ma'ruf Amin berharap pesantren dapat mencetak Santri Gus Iwan, yaitu bagus, pintar mengaji dan usahawan.

Baca juga:
Kunjungi Gresik, Presiden Jokowi Serap Tiga Aspirasi Nelayan Lumpur

Usai memberikan motivasi kepada ribuan santri, Wapres Ma'ruf Amin beserta rombongan berziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU).

Loading...

Di area makam keluarga tersebut terdapat makam tokoh-tokoh ulama, yakni KH Romly Tamim, KH Tamin Irsyad, KH Mustain Romly, KH As'ad Umar, KH Dahlan Cholil, serta kiai lainnya.

Wapres Ma'ruf Amin juga didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, serta pejabat lainnya. Usai dari Ponpes Darul Ulum Jombang, Wapres Ma'ruf Amin beserta rombongan bergeser ke Ponpes Amanatul Ummah, Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Loading...