Pixel Code jatimnow.com

MPP Gajah Mada Kota Mojokerto Jadi Percontohan Pemkot Malang

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Achmad Supriyadi
Rombongan DPRD Kota Malang saat di MPP Gajah Mada Kota Mojokerto. (Foto: Diskominfo Kota Mojokerto for jatimnow.com)
Rombongan DPRD Kota Malang saat di MPP Gajah Mada Kota Mojokerto. (Foto: Diskominfo Kota Mojokerto for jatimnow.com)

Mojokerto - Komisi A DPRD Kota Malang melakukan kunjungan kerja di Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada terkait integrasi pelayanan publik. Kunjungan ini bertujuan untuk peningkatan kualitas dan sistem di MPP milik Kota Malang.

Rombongan DPRD Kota Malang juga telah mengunjungi sejumlah MPP di kota lain. Namun, mereka mengakui jika MPP Gajah Mada Kota Mojokerto yang paling unggul di antara sejumlah MPP yang sudah dikunjungi.

"Kami bahkan sudah ke Jawa Tengah, tapi tidak sebagus ini. Kebanyakan memang sudah satu atap, tapi belum terintegrasi seperti di sini," kata Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Rahman Nurmala dalam keterangan tertulis, Selasa (7/6/2022).

Penggunaan sistem teknologi informasi memang sangat diandalkan dalam pengoperasian MPP Gajah Mada, yang dalam hal ini merupakan peran dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo Kota Mojokerto, Hasta Priyangga menjelaskan, terkait nomor antrean untuk setiap pengunjung MPP. Sejumlah layanan memiliki sistem antrean masing-masing yang apabila tidak diintegrasikan akan terkesan carut-marut dan justru membingungkan pengunjung.

Baca juga:
Sukses Bangkitkan UMKM, Ning Ita Dipercaya Kembali Jadi Pembicara ISPE

"Urat nadi di MPP adalah nomor antrean. Memang terlihat sepele, tapi jika diperhitungkan lagi, berapa jumlah loket, berapa kemungkinan pengunjung, berapa gerai yang beroperasi, tempo pemanggilan, ini adalah sistem yang cukup kompleks. Nah, kami sepakat bahwa antrean harus tunggal," terang Hasta.

Beragam instansi, baik di bawah Pemkot, Pemprov atau kementerian yang membuka layanan di MPP Gajah Mada sepakat untuk tunduk dalam satu sistem yang berlaku di MPP Gajah Mada.
Dengan demikian, MPP Kota Mojokerto tidak hanya mengumpulkan beragam layanan di bawah satu atap, melainkan juga memastikan antara satu dan lainnya terintegrasi dan bersinergi dengan baik.

Pihak DPRD Kota Malang pun optimistis kunjungan ini akan membuahkan hasil baik untuk pengembangan MPP Kota Malang kedepannya.

Baca juga:
Potensi Ekspor, UMKM Kota Mojokerto Dilirik Dirjen Amerika-Eropa Kemenlu RI

"Ini pengalaman yang sangat luar biasa. Kami akan jadwalkan untuk ke sini lagi dengan mengajak dinas-dinas terkait," ujar Rahman Nurmala.

Loading...

Selain Sekretaris Diskominfo, rombongan juga disambut oleh Kepala Dinas PMPTSP Dodik Heryana Murtono serta Kepala Dinas Dukcapil Kota Mojokerto.

Loading...