Pixel Code jatimnow.com

Terima Kunjungan Konjen Australia, Bupati Mojokerto: Ini Kesempatan Bekerja Sama

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Achmad Supriyadi
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Komjen Australia Fiona Hoggart. (Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto for jatimnow.com)
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Komjen Australia Fiona Hoggart. (Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto for jatimnow.com)

Mojokerto - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menerima langsung kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Fiona Hoggart dan wakilnya Anthony Clark dalam rangka mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dengan Australia.

"Alhamdulillah hari ini Konjen Australia di Surabaya Jawa Timur berkunjung ke Kabupaten Mojokerto. Ini adalah suatu penghargaan dan penghormatan bagi kami Pemkab Mojokerto dan masyarakat Kabupaten Mojokerto," kata Ikfina dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (9/6/2022).

Sebelumnya, Mei lalu Fiona Hoggart bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Kabupaten Mojokerto dalam rangka meninjau penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong.

Ikfina menambahkan, pertemuan kali ini merupakan peluang bagi Pemkab Mojokerto untuk melakukan kerja sama dalam berbagai bidang kedepannya.

"Ini satu kesempatan yang luar bisa bagi kami. Kita akan tindaklanjuti bentuk-bentuk kerja sama untuk kepentingan masyarakat yang ditawarkan adalah gambaran terkait dengan peluang pendidikan di Australia bagi anak-anak Kabupaten Mojokerto," bebernya.

Orang nomor satu di Kabupaten Mojokerto ini berharap, kedepannya tidak hanya bekerja sama di bidang pendidikan saja, tetapi ada bentuk kerja sama lain dalam bidang produk ekspor maupun pertanian.

"Produk-produk yang sudah terjalin untuk ekspor dari Kabupaten Mojokerto ke Australia nanti barangkali bisa lebih di tingkatkan lagi atau kita membuka peluang investasi, dan kita juga berharap nanti beliau juga berkenan untuk bisa menanamkan modalnya di kabupaten Mojokerto. Di sisi yang lain tadi juga sudah disampaikan bahwa pemerintah Australia saat ini juga consern dalam pengembangan dunia pertanian, ini sungguh luar biasa bagi kami," terang dia.

Ikfina menambahkan, dalam masa pemerintahan dirinya saat ini, sektor pertanian sangat diperhatikan. Terutama dalam pengembangan pertanian organik.

Baca juga:
Ssst... Inspektorat Selidiki Rekrutmen THL di DP2KBPP Mojokerto

"Pertanian menjadi satu hal yang kita perhatikan, karena merupakan pendukung ketahanan pangan sekaligus juga menyerap tenaga kerja di Mojokerto. Apalagi kita akan consern pada pertanian organik," tandasnya.

Sementara itu, Fiona Hoggart mengatakan, banyak informasi yang berguna bagi pemerintah australia dalam pertemuan ini. Ia tertarik akan melalukan tindak lanjut dalam jangka waktu beberapa bulan kedepan. Apalagi, Indonesia memegang Presidensi Group of 20 (G20), forum kerja sama 20 Ekonomi utama dunia.

"Banyak peluang kerja sama yang patut ditindaklanjuti, eksplorasi, dalam beberapa bulan berikutnya, dan beberapa tahun berikutnya. Apalagi indonesia tahun ini menjadi Presiden G20," paparnya.

Ia menambahkan, banyak peluang kerja sama di bidang multi laku, khususnya antarnegara. Ditambah, Provinsi Jawa Timur mempunyai hubungan khusus dengan negara bagian Australia Barat.

Baca juga:
Serahkan SK PPPK, Bupati Mojokerto: Kegiatan Ini Tidak Ada Suap

"Hubungan ini sudah dijalankan selama 30 tahun. Rasanya banyak peluang dan kesempatan. Khususnya di sektor pertanian, pendidikan, kesehatan dan pariwisata," lanjutnya.

Loading...

Masih kata Fiona, selama ini Australia dengan Indonesia sudah banyak melakukan kerja sama di bidang teknologi dan dapat diperdalam lagi.

"Banyak kegiatan di bidang teknologi yang sudah berjalan dengan baik. Tetapi harus ada yang diperdalam lagi, dijadikan lebih bagus lagi. Semoga kedepan bisa ditindaklanjuti," pungkasnya.

Loading...