Pixel Code jatimnow.com

Demokrat Jatim Buka Pendaftaran Calon Ketua DPC

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Ni'am Kurniawan
Partai Demokrat.
Partai Demokrat.

Surabaya - Partai Demokrat Jatim buka pendaftaran Calon Ketua DPC jelang penyelenggaraan Musyawarah Cabang (Muscab) serentak Partai Demokrat kabupaten/kota di Jatim. Pendaftaran Calon Ketua DPC Partai Demokrat kota/kabupaten ini, mulai dibuka pada hari ini 9-13 Juni 2022.

"Pendaftaran Calon Ketua DPC bisa melalui masing-masing DPC atau DPD Partai Demokrat Jatim,” kata Kepala Bidang Organinasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPD Partai Demokrat Jatim, Mugianto, Rabu (8/6/2022) malam.

Setelah tiga hari masa pendaftaran, berkas kandidat bakal calon yang telah masuk akan dilakukan verifikasi faktual selama dua hari mulai 18-19 Juni 2022.

"Muscab gelombang II diikuti 23 DPC kabupaten/kota dilaksanakan di Hotel Shangrilla Surabaya, pada 20 Juni 2022,” kata Mugianto.

"Mudah-mudahan 23 DPC itu para calonnya memenuhi persyaratan semua, sehingga tidak perlu lagi dibuka gelombang III,” imbuhnya.

Mugainto mengungkapkan, ketentuan AD/ART Partai Demokrat, syarat minimal calon ketua adalah mendapat dukungan 20 persen dari pemilik suara sah di Muscab.

Baca juga:
Jelang Muscab Demokrat Probolinggo, Nama Dedik Riyawan Mencuat Gantikan Kusnadi

"Calon ketua yang memenuhi persyaratan akan ditetapkan oleh pleno. Kemudian mengikuti tahapan fit and proper tes, sebelum ditetapkan menjadi Ketua DPC terpilih,” beber Mugiarto.

Ia pun tak menampik dalam Muscab serentak ini, muncul calon tunggal walaupun jumlahnya tidak lebih dari 35 persen. Sedangkan sisanya, rata-rata lebih dari satu calonnya.

"Walaupun calon tunggal, tidak ada jaminan otomatis lolos, sebab penentuan dilakukan melalui fit and proper tes,” tambah Mugianto.

Baca juga:
145 Ranting Ngotot Ingin Lucy Kurniasari Jadi Ketua DPC Demokrat Surabaya

Muscab gelombang I yang diikuti 15 DPC, lanjut Mugianto, akan memasuki tahapan fit and proper tes yang dilaksanakan pada 11 Juni mendatang.

Loading...

"Mudah-mudahan sebelum Agustus 2022, seluruh Muscab di Jatim sudah tuntas. Sehingga bisa segera persiapan verifikasi parpol,” tandas Politisi asal Trenggalek itu.

Loading...