Pixel Code jatimnow.com

Upaya BIN Percepat Vaksinasi di Bangkalan, Gelar Vaksinasi di Bidan Desa

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Syaiful Islam
Seorang bidan desa saat akan menyuntikan vaksin terhadap warga beberapa waktu lalu. (Foto : BIN Bangkalan for jatimnow.com)
Seorang bidan desa saat akan menyuntikan vaksin terhadap warga beberapa waktu lalu. (Foto : BIN Bangkalan for jatimnow.com)

Bangkalan - BIN (Badan Intelijen Negara) mendukung program pemerintah dalam pelaksanakan vaksinasi secara nasional untuk menuju kekebalan komunal. Bahkan BIN mengambil porsi untuk terlibat langsung menangani Covid-19 seperti melakukan percepatan vaksinasi.

Dalam pelaksanaan program tersebut, BIN bekerja sama dengan TNI/Polri dan institusi pemerintah di 34 provinsi. Kesuksesan program vaksinasi Covid-19 nasional tidak terlepas dari kerja keras pemerintah dan kesadaran masyarakat, serta peran dan strategis yang dilakukan BIN.

Hingga saat ini BIN terus mengadakan akselerasi vaksinasi Covid-19 secara nasional dan menyasar ke daerah-daerah pelosok pedesaan. Di Provinsi Jawa Timur, Badan Intelijen Daerah (Binda) Jawa Timur juga melakukan percepatan vaksinasi yang dilaksanakan di 38 kabupaten/kota termasuk di Madura.

Percepatan vaksinasi bekerja sama dengan TNI/Polri, Dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten/kota serta rutan/lapas. Begitu juga di Kabupaten Bangkalan, BIN juga bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk percepatan vaksinasi.

"Kami bekerja sama dengan Puskesmas-Puskesmas dan Rutan Bangkalan untuk mempercepat capaian vaksinasi di Bangkalan. Untuk mempercepat capaian vaksinasi, vaksinasi massal juga dilaksanakan di sekolah," terang Korwil BIN Kabupaten Bangkalan, Erick HM, Senin (13/6/2022).

Baca juga:
Polda Jatim Gandeng Mahasiswa Kedokteran Sasar Vaksinasi Pada Remaja

Menurut Erick, lokasi vaksinasi juga ada di rumah tokoh masyarakat (Tomas), perangkat desa dan bidan desa setempat. Hal tersebut dilakukan agar memudahkan warga untuk datang ke lokasi vaksin.

Sebab selama ini lokasi vaksinasi jauh dari rumah warga yang ada di pelosok. Sehingga ada masyarakat yang enggan datang ke lokasi vaksin karena jauh. Namun dengan cara lokasi vaksinasi ditempatkan di bidan desa atau rumah tomas setempat, banyak warga yang datang untuk vaksin.

Baca juga:
Pemprov Jatim Siap Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Calon Jamaah Haji

"Seperti di Bidan Desa Mangga'an, Kecamatan Modung dan rumah salah satu apel (Kadus) di Desa Binoh, Kecamatan Burneh. Serta di rumah pak RT/RW kampung Junok, Burneh," paparnya.

Loading...

Erick menambahkan, percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, sehingga bisa mencegah penyebaran virus Covid-19.

Loading...