Pixel Code jatimnow.com

Pencetus Teknologi INCAR Polda Jatim Dipercaya Jadi Dirlantas Metro Jaya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zain Ahmad
Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman (Foto: Instagram Ditlantas Polda Jatim)
Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman (Foto: Instagram Ditlantas Polda Jatim)

Surabaya - Tongkat kepemimpinan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim akan berganti. Kursi Kombes Pol Latif Usman akan diduduki Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram (TR) Kapolri Nomor: ST/1214/VI/Kep/2022 tanggal 20 Juni 2022.

"Benar, ada Surat Telegram dari Mabes Polri terkait mutasi jabatan," terang Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto saat dikonfirmasi, Selasa (21/6/2022).

"Pada dasarnya mutasi adalah hal yang biasa di lingkup Polri sebagai penyegaran organisasi," tambahnya.

Berdasarkan Surat Telegram itu, Kombes Pol Latif Usman dipercaya sebagai Dirlantas Polda Metro Jaya. Sementara kursinya akan diisi Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin, yang sebelumnya menjabat Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri.

Baca juga:
Awas! Mobil INCAR Juga Keliling Bangkalan Buru Pelanggar Lalu Lintas

Dari catatan jatimnow.com, salah satu prestasi Kombes Pol Latif Usman saat menjabat Dirlantas Polda Jatim yaitu sebagai pencetus teknologi canggih dalam mengantisipasi kasus kecelakaan.

Perangkat canggih itu adalah Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR), yang merupakan piranti canggih yang diintegrasikan pada mobil patroli. Fungsinya meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) serta menekan pelanggaran berlalu lintas (lalin).

Perangkat INCAR sendiri merupakan hasil pengembangan dari aplikasi ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau tilang elektronik. Tak mudah bagi Tim Ditlantas Polda Jatim untuk menciptakan perangkat canggih tersebut. Butuh riset selama sekitar lima bulan.

Baca juga:
Keren, Platform ini Hubungkan Ekosistem Wisata dan Industri Medis di Indonesia

Dalam konsepnya, perangkat INCAR hampir sama denga ETLE. Tapi sistemnya mobile. Jadi perangkatnya bisa dibawa ke mana-mana untuk melakukan patroli. Sementara ETLE statis di satu titik.

Loading...

Atas prestasi inilah, Kombes Latif sebelumnya bahkan sudah mendapat reward atau penghargaan dari Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Loading...