Pixel Code jatimnow.com

873 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak di Lamongan

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Personel gabungan saat mengikuti apel pergeseran pasukan amankan Pilkades Serentak Lamongan.(Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Personel gabungan saat mengikuti apel pergeseran pasukan amankan Pilkades Serentak Lamongan.(Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Sebanyak 873 personel gabungan disiagakan untuk mengawal jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Lamongan. Hal itu untuk meminimalisasi adanya gesekan yang dapat memicu konflik sosial. Ratusan petugas keamanan akan disebar untuk memantau proses pemungutan suara di 61 desa di 24 kecamatan.

Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf menyebutkan, pengamanan juga dibantu tenaga dari BKO Sat Brimob Polda Jatim sebanyak 130 personel.

"408 Personel dari Polres Lamongan, 183 personel dari Kodim 0812 dan 30 personel siaga on call, serta 122 personel Linmas diterjunkan," ungkapnya saat Apel Pergeseran Pasukan di Alun-alun Lamongan, Sabtu (25/6/2022).

Rouf juga mendorong para personel yang bertugas bisa cakap menangkap potensi gesekan didasari dari perbedaan pilihan saat proses perhitungan suara dilakukan.

Baca juga:
Ratusan Personel Siap Amankan Pilkades Serentak Kota Batu, 2 Desa Rawan Konflik

“Petakan setiap kerawanan pada tempat pemungutan suara serta meningkatkan deteksi dini untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat. Sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannya pemungutan suara dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas,” pesannya.

Selain itu, Satuan Limnas diharapkan tetap bersinergi dengan personel Polri dan TNI. Sebab Linmas memiliki peran yang sangat strategis, yaitu sebagai pilar utama dalam garda terdepan dalam pengamanan langsung kegiatan pemungutan suara di TPS.

Baca juga:
Dituding Palsukan Akta Lahir Kini Dilantik, Kades di Sidoarjo: Saya Tidak Tahu

"Bagi segenap personel PAM TPS jaga komitmen dan netralitas," tandasnya.