Pixel Code jatimnow.com

Telaga Ngipik Gresik, Wisata Bekas Tambang Tempat Lahirnya Atlet Nasional

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Sahlul Fahmi
Atlet wakesurf Gresik Ziyan Keizyah saat berlatih di Telaga Ngipik.(Foto: Sahlul Fahmi)
Atlet wakesurf Gresik Ziyan Keizyah saat berlatih di Telaga Ngipik.(Foto: Sahlul Fahmi)

Gresik - Kawasan Telaga Ngipik kian ramai didatangi pengunjung, terlebih menjelang senja. Selain menikmati sajian berbagai macam menu masakan dan minuman dari berbagai di Kafe Dlagon, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan telaga bekas galian tambang.

Telaga Ngipik yang berlokasi di Kecamatan Kebomas, Gresik, juga terdapat wisata ski air. Sebelumnya, telaga bekas galian itu telah menjadi pusat latihan atlet ski air Kabupaten Gresik dan Jawa Timur.

Bahkan dari telaga itu telah memunculkan nama atlet-atlet ski air nasional yang mampu berkiprah di berbagai ajang internasional. Beberapa atlet ski air nasional yang muncul dari Telaga Ngipik adalah M. Zahidi Putu Pranoto, Safira Ratriandari Widodo, Galuh Mutiara dan lain-lain.

Manajer Kafe Dlagon Kiki mengatakan, pemanfaatan telaga bekas galian sebagai tempat wisata air diharapkan dapat menarik minat para penggemar olahraga ski air di Kabupaten Gresik dan sekitarnya.

“Semoga kami bisa terus memberikan kontribusi untuk menciptakan atlet-atlet muda ski air,” ucap Kiki.

Baca juga:
Info Maszeh! Harga Tiket Telaga Ngebel Ponorogo Naik Lho

Sementara salah satu atlet olahraga air kategori wakesurf Gresik Ziyan Keizyah mengatakan, keberadaan Telaga Ngipik sangat bermanfaat untuk mengembangkan keahliannya. Apalagi dengan hadirnya Kafe Dlagon, semakin membuatnya betah berlatih.

"Jadwal latihan reguler setiap Sabtu siang. Biasanya ada sekitar 15 atlet yang berlatih dengan rata-rata 3 putaran untuk setiap atletnya," ujar Keizyah.

Namun jika ingin menambah jam latihan, siswi lelas VIII Upt SMPN 1 Gresik itu bisa berlatih sendiri di luar hari Sabtu. Hal itu dilakukan agar bisa berlatih lebih maksimal.

Baca juga:
Pebulutangkis Tunggal Putri Indonesia Ini Beralih Jadi Polwan

"Kalau lagi mood bisa seminggu tiga sampai empat kali berlatih," bebernya.

Terhitung sejak 2018, gadis berusia 13 tahun ini sudah menekuni olahraga ski air. Dari situ, ia mampu meraih beberapa prestasi. Pada 2019 juara 2 nasional ski trik dan juara 1 nasional wakeboard. Kemudian pada 2020, ia menyabet juara 2 nasional wakeboard. Lalu 2021, ia tampil sebagai finalis di Kasal Cup Nasional dan berhasil merebut juara 1 di Kejurda Jatim.