Pixel Code jatimnow.com

Berpotensi Cuan, Pusat Bisnis dan Sentra Ikan Hias Segera Hadir di Lamongan

Editor : Arina Pramudita Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Pertemuan kegiatan pameran ikan hias dan aquascape dalam rangka memperingati Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-453 di Plasa Lamongan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Pertemuan kegiatan pameran ikan hias dan aquascape dalam rangka memperingati Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-453 di Plasa Lamongan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Pemerintah Kabupaten Lamongan mulai melirik ikan hias untuk menggairahkan perekonomian warga. Bahkan, pembangunan pusat bisnis mulai dibahas dan rencanakan.

Pemenuhan fasilitas seperti sentra maupun pusat bisnis ini diyakini memiliki dampak besar pada perekonomian. Tempat yang minimalis dan potensi perputaran uang lebih cepat, dijadikan alternatif pendobrak bangkitnya ekonomi kerakyatan.

"Kami sudah memikirkan lokasinya, di antaranya di pasar burung sebelah barat, mungkin di depan garasi bus Biru Samudera atau mungkin di pasar rakyat lantai dua bersamaan akan didirikan lokasi sentra pasar hobi," terang Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, Yuli Wahyuono, Minggu (26/06/2022).

Untuk mewujudkan upaya tersebut, pihaknya akan mengumpulkan para pembudidaya dari berbagai jenis ikan hias yang ada di Lamongan untuk membentuk asosiasi serta membahasnya bersama Bupati Lamongan.

Baca juga:
Perekonomian Nasional Tumbuh, Pengamat Minta Pemerintah Tetap Waspada

"Ke depan kita akan bahas bersama dengan membentuk asosiasi ikan hias dari berbagai jenis ikan hias yang ada bersama Bapak Bupati, kira-kira lokasi mana yang akan disetujui sebagai sentra ikan hias di Lamongan," katanya.

Pendirian pusat bisnis dan sentra ini juga akan menampung potensi yang dimiliki Lamongan. Seperti yang diketahui, kata Yuli, Lamongan juga mampu membudidayakan dan pembesaran ikan hias salah satunya jenis koi yang ada di Desa Sukoanyar Kecamatan Turi dan Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng.

Baca juga:
Perekonomian Indonesia Kuartal II 2022 Tumbuh 5,4 Persen

Di dua lokasi tersebut, sambung Yuli terdapat petani budidaya ikan koi yang sudah mampu membudidayakan ikan hias jenis koi. Tak hanya itu, pendirian sentra ikan hias ini sebagai upaya menumbuhkan perekonomian kerakyatan khususnya bagi kalangan milenial yang ada di Lamongan.

Dirgahayu Ri 77 Bank Jatim

"Ternyata pelaku bisnis dan penghobi ikan hias ini adalah mereka dari kalangan milenial, untuk itu dengan didirikannya sentra ikan hias dan adanya asosiasi bisa memudahkan para milenial mengembangkan bisnisnya sekaligus memudahkan koordinasi untuk mengadakan atau mengikuti even yang ada," pungkasnya.