Pixel Code jatimnow.com

Vaksin PMK Tahap I di Jombang, Ini Sasaran Wilayahnya

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Elok Aprianto
Vaksin PMK perdana yang dilakukan di kandang sapi milik Pak Abu Yahya, Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam.(Foto: Elok Aprianto)
Vaksin PMK perdana yang dilakukan di kandang sapi milik Pak Abu Yahya, Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam.(Foto: Elok Aprianto)

Jombang - Sedikitnya ada 8.500 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk sapi yang disediakan Pemerintah Kabupaten Jombang, melalui Dinas Peternakan. Ribuan dosis vaksin PMK akan disuntikkan ke sejumlah hewan ternak sapi di beberapa desa dari sejumlah kecamatan di Jombang.

"Akan kami lakukan pemberian vaksin PMK tahap 1 di 10 kecamatan yang terdampak PMK," ungkap Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang Agus Susilo Sugioto, Senin (27/6/2022).

Agus merinci, pemberian vaksin PMK tahap 1 akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan peta sebaran kasus PMK dengan populasi sapi tertinggi. Yakni, Kecamatan Wonosalam, Bareng dan Ngoro. Adapun yang diberikan sebanyak 5.100 dosis.

"Mulai 26 Juni sampai 5 Juli akan dilakukan pemberian vaksin di Desa Carangwulung, Panglungan, Sumberjo, Wonokerto, Wonosalam, Sambirejo, Jarak, Galengdowo Wonomerto, Karangan, Pulosari, Banyuarang, Kauman, Badang dan Jombok," ungkap Agus.

Dari tiga kecamatan tersebut masih ada ratusan dosis yang diberikan dan selanjutnya akan dilakukan secara bertahap mulai hari ini. Hal ini dikarenakan tim vaksin terkendala hujan.

"Minggu (26/6), dapat 546 ekor sapi yang telah divaksin di 3 tempat di Kecamatan Wonosalam. Yaitu, Desa Wonosalam, Jarak dan Carangwulung," bebernya.

Baca juga:
Pemkab Ponorogo Bakal Kucurkan Bantuan untuk Warga yang Sapinya Mati Akibat PMK

Agus menambahkan, Kabupaten Jombang telah menerima jatah Vaksin PMK tahap I sebanyak 8.500 dosis untuk 8.500 ekor sapi. Kasus PMK di Kabupaten Jombang masih tersisa sapi sakit sebanyak 2.773 ekor dan sembuh mencapai 3.169 ekor.

"Kuota vaksin sesuai instruksi dari pusat dan provinsi untuk diprioritaskan pada sapi perah kemudian sapi potong dan khusus bagi sapi yang sehat yang belum terkena PMK. Penanganan dan pengendalian serta Vaksinasi PMK dapat berjalan dengan baik berkat dukungan penuh dari ibu bupati dan Forkopimda," tegasnya.

Sedangkan untuk vaksin PMK tahap 1, selanjutnya akan diberikan di Kecamatan Plandaan, Kabuh, Ploso, Diwek, Gudo, Perak, dan Bandarkedungmulyo. Jadwalnya pada 28 Juni hingga 5 Juli.

Baca juga:
Tinggal 1 Kecamatan Zero PMK, Bupati Lamongan Berencana Salurkan Bantuan Obat

"Dari 7 kecamatan itu nanti ada sekitar 3.300 dosis yang akan diberikan pada 3.300 sapi," tukasnya.