Pixel Code jatimnow.com

Tips Grooming dari Novita untuk Mahasiswa UIN SATU Tulungagung

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Novita Hardini Mochamad saat berbicara di depan peserta seminar (Foto: Humas Pemkab Trenggalek)
Novita Hardini Mochamad saat berbicara di depan peserta seminar (Foto: Humas Pemkab Trenggalek)

Tulungagung - Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad menjadi salah satu narasumber dalam sebuah seminar di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU).

Founder UPERINTIS Indonesia ini berbagi banyak tentang ilmu penampilan diri atau grooming. Di hadapan peserta yang mayoritas mahasiswa itu, Novita menerangkan pentingnya menata penampilan diri.

Menurut Novita, penampilan diri bisa menjadi modal untuk seseorang menggapai sebuah cita-cita. Groming merupakan proses melatih, mempersiapkan atau mengondisikan seseorang, yang biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama agar terlihat lebih bersih dan rapi.

Berinteraksi dengan peserta workshop, Ketua Dekranasda Kabupaten Trenggalek itu menerangkan, tujuan mahasiswa menempuh pendidikan perkuliahan adalah untuk mengubah garis kehidupan.

"Sama halnya dengan grooming, kalau kita menata penampilan kita harus jelas tujuannya. Karena Grooming sendiri ditujukan untuk memudahkan kita mencapai tujuan," ujar Novita, Senin (27/6/2022).

Novita Hardini Mochamad usai menjadi pembicara di UIN SATU TulungagungNovita Hardini Mochamad usai menjadi pembicara di UIN SATU Tulungagung

Baca juga:
Pemkab Trenggalek Luncurkan Desa Nol Perkawinan Anak, Ini Harapan Novita Hardini

Selain itu, fungsi grooming juga ditujukan untuk citra diri agar terlihat lebih baik, karena penampilan mencerminkan kepribadian. Ibu tiga anak itu menambahkan, untuk menyempurnakan penampilan diperlukan inner beauty untuk meningkatkan kemampuan dari dalam sehingga menambah kepercayaan diri.

"Ternyata cara bicara, berpakaian, pemilihan pakaian, gestur tubuh kita dalam sebuah sikap mencerminkan sebuah kepribadian," terangnya.

Materi grooming ini mendapatkan tanggapan positif dari peserta seminar. Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Pariwisata Syariah, UIN SATU Tulungagung, Aurelita mengaku sangat terkesan dengan materi yang disampaikan oleh Novita ini.

Baca juga:
Peringatan HAN 2022, Novita Hardini Inginkan Anak Jadi Subjek Pembangunan

Menurutnya, paparan yang digambarkan cukup jelas, menarik dan sangat edukatif.

"Paparan beliau tadi sangat jelas dan menarik. Begitu juga tanggapan dari para peserta, juga baik," pungkasnya.