Pixel Code jatimnow.com

Kunjungi Desa Wisata di Trenggalek, Ini Komentar Sandiaga Uno

Editor : Arina Pramudita Reporter : Bramanta Pamungkas
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno saat visitasi ke Desa Wisata Watu Kandang di Desa Pandean. (Foto: Humas Pemkab Trenggalek/jatimnow.com)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno saat visitasi ke Desa Wisata Watu Kandang di Desa Pandean. (Foto: Humas Pemkab Trenggalek/jatimnow.com)

Trenggalek - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno lakukan visitasi ke Desa Wisata Watu Kandang di Desa Pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Kamis (30/6/2022).

Di sana, Sandiaga melihat langsung kearifan lokal desa wisata dan menyebut Desa Pandean layak masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (AWDI) tahun 2022.

Di hadapan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Sandiaga tidak canggung menyebut Desa Wisata Pandean sebagai pemenangnya. Bagaimana tidak, belum genap 1 tahun Desa Wisata Watu Kandang Pandean bisa mengukir prestasi luar biasa dan masuk 50 besar AWDI. Dari total 3.500 peserta, Pandean menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik.

"Saya ucapkan selamat kepada Desa Wisata Pandean, bersama dengan Astra kita akan bermitra," ujar Sandiaga.

Prestasi yang diraih ini patut meraih penghargaan, mengingat usia desa wisata ini kurang dari setahun. Beberapa kegiatan yang disuguhkan sangat layak untuk dikunjungi wisatawan.

"Pandean ini bisa tembus 50 besar. Ini harus kita kunjungi karena berbasis komunitas. Karena ibu ibu yang menjalankan, baru 1 tahun ternyata telah menghasilkan prestasi yang sangat membanggakan," lanjutnya.

Baca juga:
Taman Airlangga Ubah Desa Patakan Jadi Rujukan Wisata di Lamongan

Sandiaga Uno mengunjungi Desa Pandean di Trenggalek.Sandiaga Uno mengunjungi Desa Pandean di Trenggalek.

Sementara itu, Mas Ipin, sapaan karib Bupati Trenggalek, mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga. Menurutnya, desa wisata ini selain menawarkan keindahan lingkungan juga merupakan upaya mereservasi ekologi. Paket wisata yang ditawarkan juga sarat dengan kearifan lokal seperti menangkap ikan menggunakan bambu.

"Terus kemudian ada paket menggembala Kambing, jelajah hutan yang itu dilakukan oleh masyarakat desa hutan. Jadi masyarakat yang di kota yang biasanya ketemu dengan gedung, di sini bisa ketemu sungai yang asri," tuturnya.

Baca juga:
Hadir di FNRP 2022, Sandiaga Uno: Ini Bukti Konkrit Reog Milik Ponorogo

Kedatangan Sandiaga ke Pandean tentu menjadikan semangat baru untuk desa wisata yang dirintis tahun 2021 lalu itu bisa terus berbenah.

"Tadi UMKM-UMKM yang di kirim Ketua Dekranasda ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Pak Menteri. Ini menurut saya kebanggaan untuk masyarakat Trenggalek," tandas Bupati muda ini saat mendapingi Sandiaga.