Pixel Code jatimnow.com

Ning Ita Berangkatkan CJH Kota Mojokerto, Dua Orang Hampir Tertinggal

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Achmad Supriyadi
Pemberangkatan calon jemaah haji oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) - (Foto: Nor for jatimnow.com)
Pemberangkatan calon jemaah haji oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) - (Foto: Nor for jatimnow.com)

Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) memberangkatkan calon jemaah haji (CJH) di Pendopo Sabha Mandala Tama, kota setempat, Jumat (1/7/2022).

Tahun 2022 ini, ada 66 jemaah yang diberangkatkan melalui kloter 38. Rencananya mereka berangkat besok bersama rombongan dari beberapa kabupaten dan kota lain yang ada di Jawa Timur.

"Manasik sudah dilakukan berulang kali. InsyaAllah sudah siap berdasarkan laporan dari ketua panitia. Tinggal pelaksanaan ibadah haji yang sesungguhnya, yang tentu kondisi ini sangat jauh berbeda dengan kondisi ketika manasik di sini," terang Ning Ita.

Ning Ita menambahkan, selain cuaca, kondisi sosial masyarakat juga berbeda. Karena di tanah suci Mekkah berkumpul warga dari seluruh dunia.

"Kulturnya berbeda dengan masyarakat Indonesia. Kesiapan fisik dan mental harus benar-benar dimiliki oleh jemaah calon haji dari Kota Mojokerto. Sehingga bagaimana menghadapi kondisi yang demikian berbeda ini tetap memiliki kesabaran jangan sampai sedang beribadah haji emosinya terpicu," ungkapnya.

Menurut Ning Ita, pihaknya menyediakan dua orang muthowif yang akan secara khusus mendampingi jemaah calon haji Kota Mojokerto selama berada di Mekkah dan Madinah.

Baca juga:
Uniknya Lomba Agustusan yang Digelar Diskopukmperindag Kota Mojokerto

"Jadi dua orang muthowif ini memang sudah bermukim di sana yang sudah terbiasa mendampingi jamaah haji maupun tinggal terkait berbagai kebutuhan, atau mungkin ada kendala komunikasi, nanti di sana akan dibantu oleh muthowif yang kami sediakan ini," tuturnya.

Pemberangkatan calon jemaah haji oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita)Pemberangkatan calon jemaah haji oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita)

Saat diberangkatkan Ning Ita, ada dua calon jemaah haji yang hampir tertinggal bus rombongan kloter 38. Tak pelak, kedua jamaah langsung berlarian menyusul bus yang sudah berada di jalan raya.

Baca juga:
BIAN, Pemkot Mojokerto Targetkan 7.600 Anak Ikut Imunisasi

"Ada satu jamaah yang keluar dari pintu belakang bus yang tidak diketahui. Pamit ke keluarganya peluk-pelukkan," jelas Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Hatta Amrulloh usai pemberangkatan.

Hatta menjelaskan, sebelumnya ada dua CJH yang berpamitan ke kamar kecil. Sehingga pemberangkatan langsung oleh Ning Ita itu sempat tertunda beberapa menit. Saat itulah, dua CJH lain ikut turun tanpa berpamitan untuk kembali menemui keluarga pengantar.

"Alhamdulillah jarak 100 meter bus berangkat, beliau sudah sadar kalau bus berangkat," tandasnya.