Pixel Code jatimnow.com

Matoh! Bojonegoro Kini Punya SIAGABRO, Layanan Gawat Darurat Medis Gratis

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Misbahul Munir
Layanan SIAGABRO PSC 119 Bojonegoro (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)
Layanan SIAGABRO PSC 119 Bojonegoro (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro meluncurkan Sistem Pelayanan Gawat Darurat Bojonegoro (SIAGABRO) Public Safety Center (PSC) 119.

Pelayanan kegawatdarutan yang dirintis sejak Tahun 2020 ini sudah teregistrasi oleh Kementerian Kesehatan. Layanan ini diharapkan mampu memberikan pertolongan pertama bagi masyarakat yang mengalami kondisi darurat medis.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bojonegoro, Ani Pudjiningrum mengatakan, SIAGABRO merupakan sebuah sistem penanganan kegawatdaruratan terpadu yang terintegrasi dengan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di setiap kecamatan.

Layanan ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kegawatdaruratan terpadu sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2016.

"Pelayanan ini terintegrasi dengan 35 puskesmas dan 11 rumah sakit di Bojonegoro," ujar Ani, Sabtu (2/7/2022).

Untuk menunjang mobilitasnya, layanan SIGABRO ditunjang ambulans yang dilengkapi dengan peralatan medis. Juga didukung 9 orang perawat, 1 tenaga tekhnologi informasi dan dokter konsulen siaga 24 jam.

Selanjutnya untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi seluruh rumah sakit dan puskesmas yang ada, sudah dilengkapi dengan teknologi informasi aplikasi SIGAP PSC 119, alat komunikasi radio medik (HT) dan pesawat telpon seluler (handphone).

Baca juga:
Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah Dinobatkan Ibu Desa, Ini Alasannya

Saat melakukan pelayanan, SIAGABRO PSC 119 setelah mendapatkan informasi kegawatdarutan, tim comand center akan merespons dan mendeteksi lokasi kejadian dan mengirimkan tim kesehatan beserta ambulans dari lokasi terdekat.

"Layanan ini bertujuan untuk mengurangi risiko kematian dan kecacatan saat terjadi kasus kedaruratan yang dimaksud, seperti, serangan jantung, kondisi tidak sadar, kejadian trauma mendadak, kecelakaan lalu lintas, korban bencana alam serta layanan kesehatan lainnya," jelas dia.

"Jika kondisi korban membutuhkan pelayanan kesehatan lebih lanjut, akan dirujuk pada fasilitas kesehatan yang lebih lengkap," tambah Ani.

Baca juga:
IPM Bojonegoro Diprediksi Naik ke Level Tinggi Pada 2024

Layanan SIAGABRO PSC 911 dapat diakses 24 jam secara gratis dengan mengutamakan ketepatan, kecepatan dan keselamatan korban.

"Semoga layanan SIAGABRO PSC 119 dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Bojonegoro dalam penanganan kegawatdaruratan medis sehari-hari," harapnya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan bisa menggunakan aplikasi Emergency Button Bojonegoro yang dapat didownload melalui playstore atau dapat menghubungi call center SIAGABRO PSC 119 atau melalui nomor 081132277119.