Pixel Code jatimnow.com

Dedikasi Tinggi Ning Ita di Bidang Kependudukan Diganjar Penghargaan oleh BKKBN

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari (Ning Ita) - (Foto: Dok. Achmad Supriyadi/jatimnow.com)
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari (Ning Ita) - (Foto: Dok. Achmad Supriyadi/jatimnow.com)

Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Mojokerto dr. Farida Mariana menyebut bahwa Ning Ita dinilai sebagai kepala daerah yang punya komitmen dan dedikasi tinggi dalam program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana (bangga kencana).

Juga terkait percepatan penurunan stunting dan pengendalian penduduk di kabupaten/kota masing-masing.

"Indikator untuk pengendalian penduduk meliputi angka kelahiran total, angka prevalensi kontrasepsi modern, presentasi peserta KB aktif, indeks pembangunan keluarga serta usia kawin pertama," terang Farida, Selasa (5/7/2022).

Baca juga:
Onde-onde dan Alas Kaki Asal Kota Mojokerto Laris Manis di Indonesia City Expo

Farida menambahkan, angka stunting di Kota Mojokerto sangat rendah. Bahkan berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia Tahun 2021, angka stunting di kota ini terendah di Jawa Timur.

"Untuk percepatan penurunan stunting upaya yang telah dilakukan khususnya yang berkaitan dengan bidang kesehatan yaitu pemberian makanan tambahan untuk yang stunting, edukasi sejak dini untuk remaja. Sehingga para remaja memiliki pengetahuan yang bagus tentang program-program yang terkait dengan persiapan nikah, kesehatan remaja, termasuk edukasi untuk calon pengantin," papar dia.

Baca juga:
BIAN, Pemkot Mojokerto Targetkan 7.600 Anak Ikut Imunisasi

Rencananya, penghargaan ini akan disematkan secara langsung oleh Kepala BKKBN Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo di Hotel Santika, Medan pada Rabu (6/7/2022). (ADV)