Pixel Code jatimnow.com

Lamongan Dapat Tambahan 2.000 Vaksin PMK, Berikut Sasarannya

Editor : Arina Pramudita Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Penyaluran dosis vaksin di Desa Gintungan oleh tenaga lapangan Disnakeswan Lamongan. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Penyaluran dosis vaksin di Desa Gintungan oleh tenaga lapangan Disnakeswan Lamongan. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Pemkab Lamongan terus mendorong percepatan vaksinasi hewan ternak dalam menanggulangi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Menurut rencana, 2 ribu dosis vaksin akan digelontorkan dan menyasar beberapa kecamatan.

Juru bicara Satgas PMK Lamongan Drh. Rahendra mengungkapkan, droping yang datang akan melanjutkan vaksinasi yang sebelumnya dilakukan di 8 kecamatan zona hijau PMK.

"2 ribu itu yang pasti akan menyasar Kecamatan Sukorame dan Buluk, juga di kawasan utara Paciran dan Brondong, tapi masih dirundingkan," ungkap Rahendra, Rabu (6/7/2022).

Sementara dari 7 ribu dosis yang beberapa waktu lalu didapat Lamongan, sudah tersalur 6.889 dan menyisakan 111 dosis vaksin.

Baca juga:
Jadi Syarat Bepergian, Warga Lamongan Buru Vaksinasi Booster

"Dari 7 ribu yang kemarin didapat per hari ini rencananya selesai," ujarnya.

Masih kata Rahendra, 2 ribu dosis vaksin yang datang tetap memprioritaskan wilayah dengan potensi penularan yang minim. Juga kategori sapi betina pembibit maupun pedet atau anakan.

Baca juga:
Vaksinasi PMK Tahap I Tuntas, Disnak Jombang Tunggu Jatah 2.500 Dosis Tambahan

"Sasarannya masih sama kita dahulukan daerah yang penularannya rendah," tegasnya.

Sementara itu, data yang dihimpun Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lamongan, tercatat total kebutuhan vaksin PMK di Lamongan sebanyak 117 ribu sapi dan 7 ribu sudah tersuntik vaksin.