Pixel Code jatimnow.com

Momen Idul Adha, RPH Ruminansia Ponorogo Kembali Beroperasi

Editor : Arina Pramudita Reporter : Mita Kusuma
Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH) Jetis Ponorogo resmi difungsikan kembali. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH) Jetis Ponorogo resmi difungsikan kembali. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Ponorogo - Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH-R) Jetis Ponorogo resmi difungsikan kembali pada hari ini (10/7/2022). Di dalam gedung yang berada di belakang kantor UPTD Pertanian Jetis ini tampak sejumlah hewan ternak yang siap disembelih saat momen Idul Adha.

Sebanyak lima ekor sapi diturunkan dari mobil pikap untuk dibawa ke dalam RPH. Hewan kurban itu siap dipotong RPH Jetis hari ini.

"Ini adalah perdana kami gunakan RPH-R setelah 9 tahun mangkrak. Momentum Idul Adha ini," ujar Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko di lokasi.

Menurut Kang Giri, pengoperasian kembali RPH-R saat Idul Adha, agar masyarakat mendapatkan daging kurban yang sehat dan bersih karena dipotong sesuai syariat.

Baca juga:
Yayasan Pesantren Islam di Surabaya Ini Sembelih Kurban secara Eco Green

Sementara Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan), Masun menambahkan, untuk pengoperasian secara perdana, sebenarnya ada 9 ekor sapi yang akan dipotong. Namun karena persoalan waktu, maka 4 ekor lainnya disembelih secara bertahap.

Karena masih perdana digunakan lagi setelah 9 tahun mangkrak, metode pemotongan hewan pun dilakukan secara konvensional. RPH terkendala daya listrik yang kurang besar jika harus menggunakan perangkat modern.

Baca juga:
Pemkot Pasuruan Salurkan 6 Sapi dan 105 Ekor Kambing Kurban untuk Warga

"Juga ada pelatihan untuk jagal. Itu PR rekanan. Kami bakal tagih ketika nanti sudah dayanya (listrik) naik," jelas Masun.