Pemkab Bojonegoro Diminta Perhatikan Kuliner Tradisional

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

Eny Soedarwati. S. Ip. MA

jatimnow.com - Pemkab Bojonegoro diminta menggeliatkan lagi kuliner tradisional agar tidak punah. Salah satunya diusulkan digelarnya festival kudapan Serabi atau kuliner tradisional lainnya.

Salah satu warga yang menyoroti itu adalah Eny Soedarwati (43), warga asal Sobontoro Kecamatan Balen ini. Dia  pulang kampung setelah 13 tahun tinggal di Jerman untuk menempuh studi.

Ia menilai selama ini kurang ada sentuhan kepada kuliner khas kota minyak itu. Ia melihat harus berinovasi supaya tidak kehilangan konsumen. Wisata kuliner harus diciptakan.

"Seperti serabi ya dibiarkan begitu saja, terus ada sego buwuhan. Warga jualan dengan caranya sendiri. Diajari taste-nya, kemasannya hingga kebersihannya. Ada pendampingan serius," kata alumny RWTH (Rheinisch-Westfälisch Technische Hochschule), Aachen, Jerman ini kepada jatimnow.com, Senin (16/7/2018).

Alumni SMAN 2 Bojonegoro ini mencontohkan, rujak soto di Banyuwangi juga pada awalnya biasa saja. Setelah Pemkab Banyuwangi memberikan sentuhan, rujak soto diburu wisatawan dan saling berlomba menjaga kebersihan warungnya. Rasanya juga terjaga.

"Kan pernah ada festival rujak soto, mestinya Bojonegoro nggak perlu malu belajar ke daerah lain. Kita berharap ke depan ada perhatian khusus untuk pelaku kuliner tradisional," kata Eny yang kabarnya akan maju sebagai anggota DPRD Bojonegoro dari PKB ini.

Menurutnya, kuliner serabi atau lainnya agar bertahan diperlukan inovasi dan terobosan. Apalagi kuliner tradisional sekarang terkepung kuliner moderen. Dan, pola hidup sudah berubah.

"Ada pergeseran selera masyarakat terhadap makanan, apalagi di zaman now begini. Harus dilakukan antisipasi, agar tidak punah", kata Eny.

Alumni SMPN 2 Bojonegoro ini melihat bahwa Pemkab Bojonegoro tidak bisa berpangku tangan melihat fenomena kuliner serabi yang meredup

"Pertahankan kearifan dan kuliner lokal, orang berkunjung ke Bojonegoro ingin balik lagi," tegas Eny yang terlibat pembentukan PCNU Jerman ini.


Reporter: Rois Jajeli
Editor: Budi Sugiharto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter