Pixel Code jatimnow.com

Warga Desa Dateng Lamongan Kembali Demo: Hadang Petugas BPN, Minta Ganti Rugi

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Warga Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan saat menghadang pengukuran tanah oleh BPN (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Warga Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan saat menghadang pengukuran tanah oleh BPN (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Kegelisahan warga Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan kian memuncak. Mereka menyebut bahwa lahan bermasalah yang ada di desanya diukur sepihak oleh petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Warga pun kembali berunjuk rasa, karena menilai bahwa lahan bermasalah yang akan dijadikan proyek nasional Jabung Ring Dyke itu hanya menguntungkan warga di luar Desa Dateng.

Setelah mengetahui ada pengukuran, warga nekat melakukan penghadangan dan menduduki lahan tersebut. Aksi warga yang didominasi emak-emak itu sempat memanas dan mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan TNI.

"Hari ini kita kembali melakukan aksi sebagai bentuk penolakan petugas BPN yang rencananya akan mengukur tanah yang kami anggap masih bermasalah ini," ujar koordinator aksi, Karto Suharjo, Senin (11/7/2022).

Menurut Karto, aksi lanjutan ini memuat beberapa poin tuntutan, seperti mengembalikan fungsi rawa yang sebelumnya dijadikan lahan tambak dan pertanian oleh warga luar Desa Dateng.

Baca juga:
Massa BMM Sebar Rokok Ilegal di Depan Kantor Bea Cukai Madura

"Sering kekeringan. Bahkan sejak rawa ini beralih fungsi menjadi tambak, masyarakat petani di Desa Dateng khususnya dan desa lain sangat kesulitan mendapatkan air," jelasnya.

Menurut Karto, pada Tahun 2011 silam, di rawa Desa Dateng, pengerjaan Waduk Jabung Ring Dike dimulai. Namun setelah proyek itu mandek, warga kemudian memanfaatkan lahan tersebut sebagai tambak.

Baca juga:
Warga Genteng Wetan Banyuwangi Gelar Aksi, Tuntut Penutupan Toko Miras

Dengan maksud jika proyek ini kembali dikerjakan lagi, mereka akan mendapatkan ganti rugi. Namun, warga yang menggarap lahan rawa tersebut bukan asli warga Desa Dateng.

Dirgahayu Ri 77 Bank Jatim

"Sekarang tanah saya dikuasai oleh masyarakat luar. Maka dari itu kami selaku masyarakat Dateng ingin memperjuangkan hak kami dan rencananya akan melakukan demo yang lebih besar lagi di DPRD dan BPN," pungkasnya.

Peristiwa

Kasus PMK di Lamongan Terus Menurun

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Lamongan mulai melandai. Selain angka kesembuhan, sejumlah kecamatan juga mulai terbebas dari momok PMK.