Pixel Code jatimnow.com

Peringatan Hari Koperasi, Eri Cahyadi: Recover Together Recover Stronger

Editor : Arina Pramudita Reporter : Ni'am Kurniawan
Wali Kota Surabaya eri Cahyadi saat peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 Tahun 2022 di Balai Kota. (Foto: Humas Pemkot Surabaya/jatimnow.com)
Wali Kota Surabaya eri Cahyadi saat peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 Tahun 2022 di Balai Kota. (Foto: Humas Pemkot Surabaya/jatimnow.com)

Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memimpin apel peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 Tahun 2022 di halaman Balai Kota Surabaya, Selasa (12/7/2022). Peringatan kali ini mengangkat tema 'Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan'.

Melalui pidato tertulisnya sebagaimana disampaikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki menyampaikan berbagai langkah penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi yang dilakukan Pemerintah Indonesia menunjukkan hasil yang baik dan diakui oleh dunia. Hasilnya, perekonomian nasional secara bertahap mengalami pertumbuhan positif.

"Pada tahun 2021 mencapai 3,69 persen, atau lebih baik dibandingkan tahun 2020 yang mengalami kontraksi di angka 2,07 persen. Kemudian berlanjut pada kuartal I tahun 2022 yakni sebesar 5,01 persen (y-on-y). Di mana capaian ini bahkan lebih tinggi dari negara anggota G20 lainnya, termasuk Jerman dan Tiongkok," kata Eri, Selasa (12/7/2022).

Mengusung tema 'Recover Together Recover Stronger', Indonesia mengajak seluruh negara sahabat, khususnya yang tergabung dalam G20, untuk pulih dan bangkit bersama dalam menghadapi berbagai tantangan. Baik pandemi, ekonomi, maupun krisis pangan yang saat ini menjadi ancaman global.

Baca juga:
Saat Wali Kota Eri Cahyadi Blusukan Bagi-bagi Bendera Merah Putih di Tambaksari

"Kementerian Koperasi dan UKM mendukung penuh agenda penguatan ekonomi, khususnya oleh koperasi dan UKM," ucap Eri.

"Perjalanan pembangunan koperasi diupayakan secara berkesinambungan agar koperasi dapat tumbuh sejajar dengan badan usaha lain, memiliki sensitivitas tinggi dalam pengembangan usaha, dan diminati oleh generasi muda," sambungnya.

Baca juga:
14 Kanal Pengaduan Pemkot Surabaya "Sambat Nang Cak Eri", Pertama dalam Sejarah

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu juga menegaskan, bahwa Pemerintah menggelorakan gerakan 'Ayo Berkoperasi' yang terhubung dengan Program Gerakan Revolusi Mental.

"Sebagai agen pembangunan, generasi muda kita harus dibekali dengan pengalaman berusaha serta pembangunan karakter yang berbasis nilai gotong royong dan usaha bersama, yang keseluruhannya akan diperoleh melalui koperasi," tandasnya.