Pixel Codejatimnow.com

Bupati Sidoarjo Dorong Pengembangan Inklusi Keuangan yang Adaptif

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ahaddiini HM
Gus Muhdlor saat peringatan Hari Koperasi yang ke-76. (Foto: Dokumentasi Kominfo Sidoarjo for jatimnow.com)
Gus Muhdlor saat peringatan Hari Koperasi yang ke-76. (Foto: Dokumentasi Kominfo Sidoarjo for jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mendorong adanya model inklusi keuangan yang adaptif dalam perkembangan zaman. Ini disampaikan di Pendopo Delta Wibawa saat peringatan Hari Koperasi yang ke-76.

"Ada tiga hal yang perlu dilakukan, yaitu membuat kemitraan sebesar-besarnya, peningkatan SDM dan penguatan UMKM," ungkap Gus Muhdlor, Senin (7/8/23).

Lebih lanjut Gus Muhdlor mengatakan, resep pertama agar bisa bertahan yaitu membuat kemitraan dengan lembaga keuangan seperti dengan bank daerah atau juga dengan instansi pemerintah.

"Karena semakin banyak berkolaborasi dengan instansi terkait akan lebih cepat berkembang. Sebab, arahan pemerintah pusat, APBD 2024 untuk pemulihan pasca Covid-19 sehingga akan banyak anggaran di instansi pemerintah," ucapnya.

Bupati muda lulusan FISIP Unair ini mengatakan, langkah kedua yang perlu dilakukan yaitu organsiasi apapun tidak akan berkembang pesat tanpa adanya peningkatan kapasitas individu-individu lainnya.

"Peningkatan sumber daya manusia itu sangat penting," tuturnya.

Putra pengasuh Pondok Pesantren Progresif Bumi Sholawat Lebo Sidoarjo, KH Agoes Ali Masyhuri, itu menjelaskan dengan adanya peningkatan SDM tersebut harapannya jangan hanya koperasi untuk menghimpun modal, anggaran untuk anggota saja.

Baca juga:
Wabup Subandi Resmi jadi Plt Bupati Sidoarjo

"Tetapi koperasi juga harus menjadi wadah untuk menghimpun anggota-anggota lainnya," terangnya.

Gus Muhdlor menyampaikan, resep yang ketiga yaitu perdagangan yang terbuka untuk penguatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Pandangan ini harus dituntaskan secara bersama-sama. Harus mulai mengikuti regulasi yang ada dan esensinya koperasi adalah gotong-royong," ucapnya.

Sekali lagi dirinya menekankan, koperasi harus gotong-royong dan dilakukan dengan baik serta bermitra dengan baik.

Baca juga:
Suasana Rumdin dan Bumi Sholawat Setelah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ditahan KPK

"Saya ucapkan selamat hari koperasi nasional dan terima kasih sudah menjadi menjadi pelopor kebangkitan pasca Covid-19," pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo Edi Kurniadi mengatakan peringatan Hari Koperasi ini diharapkan seluruh anggotanya di Sidoarjo mampu mendapatkan wawasan yang luas tentang perkembangan inklusi keuangan sesuai perkembangan zaman.

"Lewat talk show pada hari koperasi yang ke-76 ini, saya berharap seluruh anggota koperasi yang hadir benar-benar mendapatkan ilmu dari para ahli dibidangnya untuk perkembangan koperasi di Sidoarjo," tuturnya.