Pixel Code jatimnow.com

Emak-emak di Ponorogo Berpindah Hati ke Bawang Merah India

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mita Kusuma
Pedagang bawang Pasar Legi Ponorogo. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
Pedagang bawang Pasar Legi Ponorogo. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Ponorogo - Harga bawang merah naik tajam di Kabupaten Ponorogo. Saat ini, harga bawang merah naik dua kali lipat dibanding harga bawang merah saat normal.

Emak-emak di Ponorogo pun memilih beralih ke bawang merah India. Pasalnya harganya cukup ramah dengan kantong para ibu ramah tangga.

Pantauan di Pasar Legi Ponorogo, harga bawang merah mencapai Rp60 ribu per kilogram hingga Rp62 ribu. Padahal sebelumnya, harga normal bawang merah Rp30 ribu per kilogram.


Saat ini harga bawang merah India di Pasar Legi Ponorogo Rp26 ribu. Harga itu 50 persen lebih murah dibanding harga bawang merah lokal.

"Banyak yang beralih ke bawang merah India sekarang. Karena harga bawang merah lokal semakin mahal," ujar salah satu penjual bawang merah di Pasar Legi Ponorogo, Rika Novianti, Selasa (12/7/2022).

Dia menerangkan bahwa sebenarnya bawang merah impor itu sudah lama di Pasar Legi Ponorogo. Namun, dulunya memang tidak ada peminatnya.

Pasalnya, menurut Rika bawang merah India ukurannya lebih besar dibanding bawang merah lokal. Tetapi secara rasa kurang enak dan aromanya kurang khas dibandingkan produk lokal atau Jawa.

Baca juga:
Harga Lebih Ekonomis, Emak-emak di Lamongan Kepincut Bawang Merah India

"Kalau bawang merah itu sudah ada lama. Tetapi tidak laku, sekarang saja laku. Harganya kan lebih murah dibanding dengan harga bawang merah lokal," tegas Rika.

Setali tiga uang, pedagang lain, Suprihatin mengakui hal yang sama. Bahwa saat ini konsumen yang kebanyakan emak-emak lebih memilih bawang merah India ketika harga bawang merah lokal melonjak tajam.

Tetapi dulu, ketika bawang merah lokal harganya normal, mereka tetap setia.

"Ya rasanya katanya kurang sedap. Saya menyediakan tapi ini habis diborong, " bebernya.

Baca juga:
Harga Bawang Merah di Pasar Ambulu Jember Meroket Hingga Rp70 Ribu/Kg

Salah satu emak-emak, Marini menjelaskan dia memilih bawang merah india untuk saat ini. Dari harganya Rp15 ribu hingga saat ini mencapai Rp26 ribu.

Dia memilih bawang merah India untuk lebih menghemat uang belanja yang ada. Karena satu kali memasak, bisa menghabiskan seperempat bawang merah.

"Semua naik, sekarang saya milih bawang merah india saja. Itu pun sekarang naik sudah harganya. Tapi tidak semahal bawang merah lokal," pungkasnya.