Pixel Code jatimnow.com

Melihat Kegiatan Cinta Sekolah untuk Siswa Baru di SMK PGRI 3 Kota Malang

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Ratusan calon siswa SMK PGRI 3 Kota Malang mendapatkan paparan dalam KCS (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Ratusan calon siswa SMK PGRI 3 Kota Malang mendapatkan paparan dalam KCS (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

Kota Batu - SMK PGRI 3 Kota Malang menggelar Kegiatan Cinta Sekolah (KCS) yang diisi kegiatan positif. 875 siswa baru mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini digelar agar para pelajar memiliki karakter Pancasila dan memiliki mental tangguh untuk menyonsong masa depan di dunia industri, kewirausahaan maupun akademi.

"Jadi para siswa ini tentunya diarahkan untuk bagaimana memiliki karakter Pancasila yang sesuai dengan lima sila yang ada. Para siswa harus bisa memiliki dan menguatkan karakter nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan dan kesatuan, nilai kebudayaan serta nilai sosial dalam dirinya," jelas Kepala SMK PGRI 3 Kota Malang, M Lukman Hakim, Rabu (13/7/2022).

Dengan begitu, lanjut Lukman, para siswa baru bisa menjadi seorang pelajar yang diinginkan oleh negara maupun masyarakat secara luas yang selalu menyeruakan karakter pelajar Pancasila.

"Sehingga para calon siswa baru memiliki semangat tinggi menuju perubahan-perubahan dalam masa depan mereka dengan menerapkan karakter Pancasila dalam semua sendi-sendi kehidupan," imbuhnya.

Baca juga:
SDN di Ponorogo Ini Hanya Menerima 1 Siswa Saat PPDB 2022/2023

Lukman mencontohkan seperti saat pengembaraan yang dilakukan oleh semua siswa baru dengan berjalan kaki sejauh 4,5 kilometer dari tempat parkir De Duwa Oleh-oleh Jalan Diponegoro menuju Lapangan Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

"Dari situ calon murid bisa merasakan saling menghargai antar teman dan saling membutuhkan. Tujuannya untuk melatih kepekaan peserta KCS agar menjadi pelajar yang senantiasa peka dan peduli dengan keadaan sekitar," ujarnya.

KCS ini dibuka pada Senin (11/7/2022) di Taman Krida Budaya Kota Malang. Kegiatan bertema 'Pelajar Pancasila Wujudkan Merdeka Belajar yang Berkarakter' ini diawali dengan Apel Kesiapsiagaan dan Pembukaan KCS 2022-2023.

Baca juga:
Putri Ustaz Yusuf Mansur Hadir Virtual dalam Orientasi Siswa di Gresik

Ada pula beberapa materi yang disiapkan panitia untuk pembekalan antara welcoming speech, materi wawasan kebangsaan, materi entrepreneurship hingga leadership.

Selain mengikuti materi yang disampaikan, peserta KCS juga mendapatkan pendidikan karakter yang dibina langsung oleh pelatih dari TNI Pusdik Arhanud.