Liputan Haji 2018

1350 JCH Kloter Pertama Sudah Masuk di Asrama Haji Sukolilo

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Suasana Jamaah Calon Haji (JCH) kloter pertama di Asrama Haji Sukolilo Surabaya

jatimnow.com - Sebanyak 1350 Jamaah Calon Haji (JCH) kloter pertama sudah memasuki Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Senin (16/7/2018). Sebelum berangkat ke Tanah Suci, ribuan JCH tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan dan ke validan data biometrik.

Faridul Ilmi Kabid Penyelenggaran Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim mengatakan, hari ini Embarkasi Surabaya menerima 1350 jemaah calon haji Kloter I dari Situbondo, Kloter 2 Bondowoso, dan Kloter 3 Banyuwangi.

"Ada tiga kloter yang dijadwalkan masuk ke Asrama Haji pada hari ini. Setiap kloter berisi 450 orang plus pendamping para jemaah akan masuk berurutan sesuai kloter yakni mulai pukul 10.00 WIB, 12.00 WIB, dan pukul 21.00 WIB," tutur Faridul Ilmi, Senin (16/7/2018).

Farid mengatakan, dalam keberangkatan JCH itu tiap keloternya akan didampingi oleh 3 petugas yang terdiri tim kesehatan yang bertugas membantau setiap jamaah.

Bahkan, untuk lebih menjamin kesehatan para jamaah, tahun ini juga untuk pertama kalinya dibentuk tim Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (P3JH). Nantinya tim ini akan berjaga di tempat-tempat yang padat.

"Tim P3JH bertugas membantu kesehatan di lingkungan-lingkungan yang padat, yang sekiranya banyak berkumpul seperti di tempat melempar jumroh, di Arofah, Muzdalifah, dan sebagainya. Makanya yang direkrut dari tenaga medis yang memenuhi syarat, yang usianya masih muda," ujar Farid.

Pantauan di lokasi, para jamaah calon haji saat ini tengah menjalani proses rekam biometrik dan pengecekan kesehatan akhir. Selanjutnya, Para JCH satu persatu melakukan perekaman wajah, sidik jari dan pola wajah di hadapan komputer yang dilengkapi alat biometrik

"Rekam biometrik ini adalah metode untuk mengenali seseorang berdasarkan ciri-ciri fisik, karakter, dan perilakunya secara otomatis. Dan rekam biometrik ini baru pertama kali dilakukan untuk percepatan proses pemeriksaan," pungkasnya.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto




jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter