Pixel Code jatimnow.com

Permintaan Paspor di Imigrasi Kediri Naik 312 Persen, Mau Pergi Kemana?

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Yanuar Dedy
Pelayanan penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kediri. (Foto: Humas Imigrasi for Jatimnow.com)
Pelayanan penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kediri. (Foto: Humas Imigrasi for Jatimnow.com)

Kediri - Semester pertama 2022, Januari hingga Juni ini penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kediri meningkat tajam. Pembukaan umrah dan wisata menjadi pendorong naiknya permintaan tersebut.

Kantor Imigrasi Kediri mencatat pada semester 2 tahun lalu jumlah penerbitan hanya 5.287 paspor. Sementara di periode ini, jumlah penerbitan paspor sudah mencapai 16.545 paspor. Secara persentase dibandingkan tahun lalu mengalami kenaikan sebesar 312,94 persen.

Kepala Kantor Imigrasi Kediri, Erdiansyah mengatakan kenaikan penerbitan paspor sangat signifikan dibandingkan masa pandemi. Hal ini terjadi karena mulai dibukanya ibadah umrah dan longgarnya syarat penerbangan serta pintu kedatangan di negara tujuan.

Dua faktor itu sangat mendominasi naiknya permintaan tersebut, termasuk para pekerja migran baru.

"Saat ini permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kediri hingga 150 perhari, berbeda dengan periode yang sama tahun lalu,” kata Erdiansyah, Jumat (15/7/2022).

Sementara bulan Juli ini, permintaan paspor sudah mencapai 1703 pemohon. Imigrasi Kediri masih memiliki jatah 1447 kuota.

Baca juga:
Warga Kepulauan di Madura Kini Tak Perlu Bingung Bikin Paspor

“Untuk bulan Juli ini, Kantor Imigrasi Kediri menyediakan 3150 kuota paspor,” tambahnya.

Saat ini, imigrasi menerapkan permohonan M-Paspor melalui aplikasi yang tersedia di Playstore dan Appstore. Dalam aplikasi ini, pemohon paspor dapat mememilih tanggal kedatangan dan juga kantor imigrasi tujuan.

“Kemungkinan masih bertambah seiring dengan mulai longgarnya perjalanan internasional secara otomatis keinginan masyarakat ke luar negeri baik wisata, sekolah, umrah dan pekerja migran akan semakin meningkat,” terangnya.

Baca juga:
Pegawai Positif Covid-19, Kantor Imigrasi Kelas II Madiun Tutup Sementara

Lebih lanjut, ia mengatakan kuota M-Paspor akan ditambah jika terjadi kenaikan animo masyarakat dalam mengajukan permohonan paspor untuk bepergian ke luar negeri

Untuk mempermudah pelayanan Kantor Imigrasi Kediri juga melayani pengurusan paspor di mal. Layanan yang dinamakan Radisenggol (Imigrasi Kediri Sobo Neng Mal) ini tersedia setiap Selasa dan Rabu pukul 11.00-15.00 WIB dengan kuota 15 permohonan.

"Masyarakat tak perlu datang ke Kantor Imigrasi, pengurusan paspor dapat dilakukan secara walk-in sambil belanja di Kediri Town Square," tutup Erdiansyah.