Pixel Code jatimnow.com

Gali Kubur di TPU Gunung Cilik, Warga Trenggalek Temukan Benda Diduga Mortir

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Bramanta Pamungkas
Lokasi temuan benda menyerupai mortir di Trenggalek. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
Lokasi temuan benda menyerupai mortir di Trenggalek. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

Trenggalek - Sebuah benda menyerupai mortir ditemukan di komplek pemakaman umum (TPU) Gunung Cilik Kelurahan Surondakan, Kabupaten Trenggalek. Benda tersebut ditemukan oleh penggali makam di komplek tersebut.

Polisi yang tiba di lokasi langsung memasang garis untuk mengamankan benda ini. Mereka masih menunggu tim Jihandak Polda Jatim untuk melakukan proses evakuasi.

Kapolsub Sektor Trenggalek Kota, Ipda Ahmad Zainul mengatakan temuan benda menyerupai mortir ini dilaporkan sekitar pukul 06.30 WIB.

Saat itu empat orang penggali makam sedang menyiapkan kuburan untuk warga setempat. Saat mereka melakukan penggalian sekitar setengah meter, tiba-tiba cangkul membentur sebuah benda keras. Mereka lalu memeriksa benda tersebut ternyata menyerupai mortir. Penggali kubur ini menghentikan pekerjaannya dan melaporkan temuan ke pihak berwajib.

"Kami langsung mendatangi lokasi dan melakukan pengamanan dengan memasang garis polisi, " Ujarnya, Sabtu (16/7/2022).

Baca juga:
Pemkab Trenggalek Launching Desa Nol Perkawinan Anak

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, penggali kubur lalu memindahkan lokasi penggalian. Mereka menyiapkan kuburan warga sejauh 50 meter dari lokasi temuan benda ini. Ukuran mortir yang ditemukan ini cukup besar. Diduga panjang benda ini mencapai 1 meter.

"Lokasi kuburan dipindahkan karena kita khawatir benda ini membahayakan," tuturnya.

Polisi masih belum bisa memastikan asal muasal benda menyerupai mortir ini. Mereka masih menunggu tim Jihandak Polda Jawa Timur untuk melalukakan proses evakuasi. Untuk sementara mereka mensterilkan lokasi temuan dari kerumunan warga.

Baca juga:
Pesan Bupati Trenggalek saat Pelantikan Pengurus PPNI Trenggalek

"Kita sterilkan dulu lokasi sambil menunggu tim jihandak," pungkasnya.