Pixel Code jatimnow.com

Kembang Kahyangan Bojonegoro Raih Penghargaan Festival Karya Tari Jawa Timur

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Misbahul Munir
Penari Kembang Kahyangan saat berlenggok di atas panggung pertunjukan Gedung Cak Durasim Surabaya. (Foto: Humas Pemkab Bojonegoro for jatimnow.com)
Penari Kembang Kahyangan saat berlenggok di atas panggung pertunjukan Gedung Cak Durasim Surabaya. (Foto: Humas Pemkab Bojonegoro for jatimnow.com)

Bojonegoro - Seniman Bojonegoro raih prestasi gemilang dalam ajang Festival Karya Tari Jawa Timur 2022 yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur pada tanggal 14 - 15 Juli 2022 di Gedung Cak Durasim Surabaya.

Bojonegoro meraih penghargaan sebagai penyaji unggulan dan penata iringan musik terbaik dalam gelaran tersebut. Mereka membawakan seni tari yang berjudul Tari Kembang Kahyangan.

Seni Tari Kembang Kahyangan tergolong seni tari baru yang diciptakan oleh seniman Bojonegoro. Seni tari ini terinspirasi dari fenomena alam Kahyangan Api Bojonegoro yang kemudian divisualkan dengan gerak lincah dan semangat para penari putri berparas cantik dan mempesona dengan balutan kain berwarna merah menyala.

Api abadi yang tak pernah padam, senantiasa berkobar sepanjang masa mengekspresikan semangat bergelora mewujudkan tekat, semangat, tujuan dan harapan untuk melangkah kedepan.

Tari Kembang Kahyangan merupakan jenis tari selamat datang ungkapan persembahan Mangayubagyo bagi para tamu yang datang berkunjung ke Bojonegoro.

Baca juga:
Video: Makam Misterius Ditemukan di Tengah Hutan

Suksesi para seniman Bojonegoro dalam ajang tersebut tak lepas dari peran 3 orang ini yakni Tari Dyas Kirana Komariah sebagai penata tari, Rian Susilo sebagai penata iringan musik serta Nika Kusumawati sebagai penata rias dan busana.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro, Budiyanto mengatakan dalam event tahunan tersebut, tari Kembang Kahyangan merupakan buah karya dari seniman-seniman Bojonegoro.

Baca juga:
Cerita di Balik Penemuan Makam Misterius Tengah Hutan Kedungsumber, Bojonegoro

Dengan raihan prestasi tersebut, Budiyanto mengapresiasi kerja keras dan kreatifitas para seniman Bojonegoro. Dia berharap atas raihan prestasi tersebut kedepan dapat menjadi pemantik untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas dan kualitas para pelaku seni budaya lainnya.

"Sehingga dapat menjaga, melestarikan dan membantu mempromosikan kesenian, kebudayaan serta pariwisata daerah Kabupaten Bojonegoro," tandasnya, Sabtu (16/7/2022).