Pixel Code jatimnow.com

Warga Jember Gayeng Dukung Ganjar Maju Pilpres 2024

Editor : Redaksi
Acara Desa Ganjar di Jember. ((Foto: panitia for jatimnow.com)
Acara Desa Ganjar di Jember. ((Foto: panitia for jatimnow.com)

Jember - Jember merupakan wilayah Tapal Kuda yang memiliki populasi menduduk paling banyak dibanding Probolinggo maupun Banyuwangi.

Oleh sebab itu, Des Ganjar wilayah Tapal Kuda Jawa Timur diselenggarakan di Kabupaten Jember, tepatnya di Alun-Alun Jenggawah pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Kegiatan tersebut merupakan Des Ganjar terakhir yang diselenggarakan di wilayah Jawa Timur sebelum memasuki puncak Des Ganjar yang rencananya akan diselenggarakan di Surabaya.

“Kabupaten Jember merupakan wilayah Jawa Timur terakhir yang kita relawan selenggarakan, setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Madura dan Tuban. Rencananya kita akan selenggarakan puncak Des Ganjar secara besar-besar di Surabaya, tapi untuk waktu dan tempat masih menyusul," ujar Wargiyati, Dewan Pembina Des Ganjar dalam siaran pers, Minggu (17/7/2022).

Wargiyati mengungkapkan dirinya optimistis bahwa Jawa Timur akan menyumbangkan perolehan paling banyak dan Jember merupakan pemilih mayoritas.

“Jawa Timur, khususnya Kab. Jember bisa jadi basis populasi pemilihan terbanyak Pak Ganjar saat pemilu nanti. Animo Warganya cukup tinggi, kita targetkan yang datang kegiatan kali ini sebanyak 1.000 tapi yang datang saya hitung sampai 5.000 masyarakat. Ini membuktikan elektabilitas Pak Ganjar yang kuat di Jawa Timur," tambahnya.

Wargiyati menambahkan kegiatan Des Ganjar akan terus dilakukan diseluruh Kabupaten di Indonesia dengan mengedepakan kearifan lokal setiap daerahnya.

“Wong yang mengadakan kegiatan ini relawan daerah masing-masing, sehingga ciri khas kegiatannya pun masih disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Selain memberikan dukungan, masyarakatpun tetap terhibur,” tutupnya.

Baca juga:
Elektabilitas Ganjar Unggul Mutlak di Jatim Versi Charta Politika

Sementara, Agus Nugroho, Ketua Relawan Des Ganjar Kabupaten Jember menyebutkan bahwa dirinya siap menjadi relawan dan sudah berkonsolidasi dengan beberapa komunitas di wilayah Tapal Kuda untuk saling bersinergi dalam mensosialisasikan program kampanye nantinya.

“Kurang lebih selama 1 tahun kebelakang memang sudah ada pembicaraan dengan teman-teman di pusat terkait dukungan ini, saya berinisiatif untuk mengumpulkan komunitas dan tokoh masyarakat yang pada akhirnya mereka antusias mendengar dukungan Pak Ganjar,” kata Agus.

Ketika disinggung soal pengaruh UU Desa yang pernah dirancang oleh Ganjar Pranowo, Agus membeberkan bahwa kebijakan tersebut memiliki dampak positif bagi warga di wilayah Tapal Kuda.

“Saya sangat merasakan pengaruh yang besar akibat kebijakan tersebut. Pak Ganjar tulus betul dalam mensejahterakan masyarakat. Yang beliau lakukan begitu peduli dengan masyarakat, khususnya desa-desa pelosok,” tambah Agus.

Baca juga:
Melihat Aksi Emak-emak di Jatim saat Deklarasi Dukung Ganjar Presiden 2024

Sebagai desa yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai pelaku UMKM dan petani, Agus memahami betul karakteristik Ganjar Pranowo yang sangat peduli dengan masyarakat di pedesaan.

“Selama ini orang desa hanya dipandang sebelah mata, dijadikan objek oleh berbagai kepentingan. Tapi beliau merupakan sosok yang tulus dalam melayani masyarakat,” tambahnya.

Agus mengaku akan terus berkonsolidasi dan kerja sama dengan tokoh masyarakat di masing-masing wilayah terkait pencalonan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI.

“Setelah kegiatan Des Ganjar di sini, pastinya ada strategi komunikasi lanjutan yang akan dibawa kepada masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan salah satunya blusukan masuk ke wilayah pelosok desa melalui bantuan teman-teman dari tokoh masyarakat," tutupnya.