Pixel Code jatimnow.com

Simulasi Pasangan Capres 2024 Versi Lanskap, Prabowo Menang 1 Putaran di Jatim

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Prabowo Subianto dalam sebuah kegiatan. (Foto: Dok. jatimnow.com)
Prabowo Subianto dalam sebuah kegiatan. (Foto: Dok. jatimnow.com)

Surabaya - Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) melakukan simulasi pasangan calon (paslon) presiden 2024. Hasilnya, nama Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto masih tetap unggul setelah disandingkan dengan beberapa calon di Jawa Timur (Jatim).

Dari tiga nama simulasi Paslon, Prabowo-Ganjar, Prabowo-Puan, dan Prabowo-Khofifah, perolehan elektabilitas terkuat berada di atas 60 persen dimenangkan bersama Ganjar.

Sedangkan pasangan terkuat kedua masih calon dari PDIP yaitu Puan Maharani dengan perolehan persentase di atas 50 persen dukungan.

"Di Jatim bahwa pasangan Prabowo-Puan, Prabowo-Ganjar dan Prabowo-Khofifah akan keluar sebagai pemenang dalam satu putaran saja. Meskipun elektabilitas Puan terbilang rendah namun ketika dipasangkan dengan Prabowo pasangan ini kuat dan keluar sebagai pemenang kompetisi Pilpres. Hal itu tak lepas dari sosok pribadi Prabowo yang memiliki magnet elektoral tinggi dan memang banyak disukai oleh pendukung Jokowi dan Maruf di dua provinsi itu," papar Direktur Eksekutif Lanskap, Mochammad Thoha, Senin (18/7/2022).

Dari aspek popularitas, baik di Jateng maupun di Jatim secara umum nama Prabowo Subianto tampil sebagai tokoh yang memiliki tingkat popularitas paling tinggi. Di Jateng popularitas Prabowo berada di persentase 95,5 persen, sedangkan di Jatim berada di angka 85 persen.

Baca juga:
Aktivitas Ketua Gerindra Jatim Ini Disebut Implementasi Prabowo, Masak Sih?

Sementara popularitas di Jatim, posisi ke-2 ditempati Sandiaga Uno diangka 73,9 lersen, posisi ke-3 ditempati Khofifah di angka 70 persen. Sementara Anies di posisi ke-4 di angka 67,2 persen.

Sementara likeabilitas sebagian besar memberikan kedisukaan paling besar terhadap Prabowo. di Jateng Prabowo lebih disukai oleh 55,8 persen penduduk Jateng dan di Jatim disukai oleh 54,4 persen.

"Ganjar di Jateng dengan angka 42,3 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies dengan persentase 42,3 persen. Yang menarik di Jatim posisi kedua ditempati oleh Gubernur DKI Jakarta Anies dengan persentase 44,4 persen dan posisi ke tiga oleh Gubernur Jatim Khofifah dengan angka kedisukaan pulbik 40 persen," lanjut Thoha.

Baca juga:
Ratusan Warga di Ponorogo Dukung Prabowo Maju Pilpres 2024

Bahkan, Prabowo mampu mengalahkan Ganjar Pranowo di kandangnya sendiri. Sebanyak 95,5 persen publik lebih banyak mengenal sosok Prabowo Subianto sebagai sosok Capres di tahun 2024 mendatang. Hal itu lebih unggul jika dibanding Ganjar Pranowo sebanyak 93,5 persen.

"Ganjar dikenal oleh 93,5 persen warga Jateng, namun di Jatim ia berada di posisi ke-6 setelah Tri Rismaharini dengan dikenal oleh 58,3 persen publik. Di Jateng Anies berada diposisi ke-4 dikenal 85,6 persen, terpaut tipis dengan Sandiaga Uno di posisi ke-3 yang dikenal 87,5 persen publik," tandas Thoha.