Pixel Code jatimnow.com

Geger Babi Hitam Masuk Pemukiman di Banyuwangi Ditangkap Warga

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Rony Subhan
Babi yang masuk pemukiman di Banyuwangi ditangkap warga (Foto: Polsek Muncar)
Babi yang masuk pemukiman di Banyuwangi ditangkap warga (Foto: Polsek Muncar)

Banyuwangi - Kemunculan babi di tengah pemukiman membuat geger warga Dusun Kalimoro, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

Peristiwa tersebut menjadi perbincangan warga, tak hanya di dunia nyata. Sebab video tentang babi yang masuk pemukiman itu juga beredar luas di media sosial.

Dalam sebuah video yang diposting di Facebook, babi itu tampak berkulit hitam legam dengan bulu tegak di bagian leher. Babi itu diintai sejumlah warga yang berkerumun di gang sempit.

Warga lain terlihat menyiapkan tali plastik. Ada pula yang menyiapkan jaring untuk menangkap babi itu.

Video lain menunjukkan sejumlah anggota polisi dan TNI menuju lokasi penemuan babi itu.

"Minggir-minggir, kasih jalan, kasih jalan," lontar seorang pria begitu melihat petugas datang, seperti dilihat jatimnow.com, Selasa (19/7/2022).

Tampak kondisi babi hitam yang telah diamankan warga itu tak berdaya dan meringkuk dalam jaring warga. Babi itu kemudian dibawa keluar gang sempit, dikerumuni warga yang penasaran.

Belum jelas apakah babi hitam itu hewan liar yang masuk ke dalam pemukiman, atau babi jadi-jadian yang biasa disebut babi ngepet.

Sementara Kanit Reskrim Polsek Muncar, Iptu Made Suwena menyebut bahwa babi itu sudah diserahkan warga sekitar pukul 16.00 WIB.

"Itu jenis babi hutan. Tadi warga menangkapnya karena masuk kampung, lalu diserahkan pada kami," jelas dia.

Setelah mendapat penyerahan dari warga, Polsek Muncar lalu menyerahkan babi itu ke pengurus Taman Nasional SPTN, wilayah 2 Muncar.