Pixel Code jatimnow.com

Dahlan Iskan Datangi Pendopo Lokantantra Lamongan, Ngapain?

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Dahlan Iskan saat melihat pengaplikasian obat PMK di Lamongan.(Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Dahlan Iskan saat melihat pengaplikasian obat PMK di Lamongan.(Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Dahlan Iskan hadir di Pendopo Lokantantra, Kabupaten Lamongan, Senin (25/7/2022) pagi. Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu didapuk sebagai pembicara dalam workshop penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Di sana, Dahlan tampak menemui sejumlah peternak sapi yang masih minim edukasi terkait penanganan PMK.

"Saya diminta Polda Jatim mengawal workshop. Mungkin karena saya sering menulis tentang PMK, sehingga dianggap cukup mengerti," ungkap Dahlan Iskan, Senin (25/7/2022).

Disebutkan Dahlan, Lamongan adalah salah satu daerah mewabahnya PMK. Meski begitu, ia menilai keterbukaan informasi mengenai sebaran PMK dan penanganannya cukup baik.

Baca juga:
Pemkab Ponorogo Bakal Kucurkan Bantuan untuk Warga yang Sapinya Mati Akibat PMK

"Lamongan termasuk daerah yang gentleman. Di sini mau mengakui kalau ada PMK. Biasanya kalau gini-gini (PMK mewabah) kan di rahasiakan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampikan bahwa sudah ada sebagian perusahaan yang membuat obat PMK. Pihaknya pun berniat untuk memberi bantuan kepada para peternak.

Baca juga:
Tinggal 1 Kecamatan Zero PMK, Bupati Lamongan Berencana Salurkan Bantuan Obat

"Kami segera berkoordinasi, mengalokasikan untuk membeli obat itu dan dibagikan untuk pengadaan awal. Apabila cocok, nanti para peternak selanjutnya membeli secara mandiri," urainya.