Pixel Code jatimnow.com

SDN Gelang Kulon 4 Hampir Roboh, Ini Langkah Dindik Ponorogo

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mita Kusuma
SDN Gelang Kulon 4 Ponorogi. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
SDN Gelang Kulon 4 Ponorogi. (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Ponorogo - Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo angkat bicara perihal SDN Gelang Kulon 4. Pasalnya, beberapa ruang di SD yang berlokasi di Desa Gelang Kulon, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo itu hampir roboh.

Tidak hanya itu, siswa harus mengungsi ke Sekolah Minggu Budha yang berjarak sekitar 600 meter dari SDN Gelang Kulon 4. Mereka adalah siswa kelas 4, 5 dan 6 yang berjumlah 18 siswa.

"Kita review lagi terkait usulan. Untuk SDN itu sudah diusulkan ada 5 kelas lewat Krisna (Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran) itu adalah langkah Dinas Pendidikan, " ujar Kabid Pembinaan SD Dindik Ponorogo, Edy Supriyanto, Senin (25/7/2022).

Langkah kedua, kata dia, lewat PAK (Perubahan Anggaran Keuangan). Barangkali ada dana dan bupati berkenan prioritas. Nanti kedepan, SDN Gelang Kulon 4 diajukan.

"Mohon doanya mudah-mudahan kegiatan PAK. SDN Gelang Kulon 4 notabene betul-betul rusak itu bisa dibangun atau direhab," katanya.

Menurutnya, jikalewat Krisna menggunakan dana dari pemerintah pusat. Sehingga semua usulan yang lewat Krisna setelah turun kemudian ke kabupaten.

"Baru nanti realisasi seperti saat ini. Mulai bulan Juni - Agustus tahun ini. Usulan 2021 realisasi 2022," terang mantan Kepala SMPN 1 Mlarak ini.

Baca juga:
Duh! Gedung SDN di Bojonegoro ini Penuh Kerusakan, KBM 2 Kelas Dipindah

Dia menjelaskan bahwa yang dilaporkan rusak adalah 5 ruangan. Kemungkinan dana yang bakal digelontorkan untuk perbaikan adalah Rp400 juta.

"Ini tapi kita belum tahu kerusakanya. Biasanya kita ada konsultan nanti menaksir apakah ringan atau berat, termasuk temboknya perlu diganti atau dirobohkan, atapnya diganti atau tidak. Ya paling cepat PAK, " pungkasnya.

SDN Gelang Kulon 4 tercatat memiliki 34 murid. Sementara yang mengungsi untuk belajar ada 18 murid. Dengan rincian kelas 4 ada 4 siswa, kelas 5 ada 8 siswa, dan kelas 6 ada 6 siswa.

Baca juga:
Nestapa SDN Brangkal 2 Jombang, Ruang Kelas Rusak Hingga Kekurangan Guru

Sekolah Minggu Buddha dan SDN Gelang Kulon 4 berjarak beberapa ratus meter. Hanya saja jalannya naik turun. Walaupun harus mengungsi demi bisa belajar, belasan siswa tetap semangat. Mereka dengan seksama memperhatikan pelajaran yang diterangkan guru.

Kini, 3 kelas di SDN Gelang Kulon 4 telah dikosongkan. Kelas tersebut bisa ambruk kapan saja.

"Kami memperhatikan keselamatan siswa sebenarnya. Akhirnya kami pindahkan ke ke Sekolah Minggu Buddha dengan persetujuan pengurus Wihara," ujar Kepala SDN Gelang Kulon 4 Mohammad Fatah Yasin, Senin (25/7/2022)