Pixel Code jatimnow.com

Perhatian! Pendakian Gunung Raung Banyuwangi Ditutup Sementara Mulai Hari ini

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Rony Subhan
Gunung Raung sebelum erupsi.(Foto: Eko Wahyudianto)
Gunung Raung sebelum erupsi.(Foto: Eko Wahyudianto)

Banyuwangi - Gunung Raung erupsi pada Rabu (27/7/2022). Kini aktivitas di area Gunung Raung dihentikan sementara. Terutama pendakian dan wisata.

Segala aktivitas pendakian Gunung Raung ditutup mulai hari ini, Kamis (28/07/2022). Hal itu sesuai surat edaran dari BMKG Banyuwangi. Adapun isi suratnya menerangkan bahwa seluruh masyarakat dan pengunjung tidak dianjurkan mendekati wilayah kawah, meski saat ini status Gunung Raung kembali normal.

“Mulai hari ini pendakian jalur Wonorejo ditutup. Kemarin aktivitas pendakian masih berjalan seperti biasa. Kemarin pagi sebelum ada erupsi, teman kami masih ada dipuncak dan mereka aman,” jelas pengelola pendakian Gunung Raung di jalur Selatan Wonorejo Desa Kalibaru, Eko Wahyudianto (44).

Sebelum ada erupsi dan mendapat surat edaran penutupan, pengelola pendakian di jalur Wonorejo Kalibaru kedatangan dua rombongan berjumlah 9 orang.

Baca juga:
Gunung Raung Berstatus Waspada, 4 Kecamatan di Banyuwangi Rawan Terdampak

“Pendaki yang 9 orang semua sudah kembali,” terangnya.

Imbauan untuk tidak mendaki dan beraktivitas di dekat kawah Gunung Raung juga disampaikan petugas Pos Pantau Gunung Raung (PPGR) Banyuwangi Mukijo.

Baca juga:
Lahan Pertanian di Jember Terdampak Abu Vulkanik Erupsi Gunung Raung

“Kalau dari kami hanya imbauan agar masyarakat tidak beraktivitas di dekat gunung. Instansi kecamatan dan desa yang menutup, mas,” jelas Mukijo.