Pixel Code jatimnow.com

Gelar Rakerwil II, PAN Jatim Bahas Deretan Capres untuk Diusulkan saat Rakernas

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Petinggi PAN Jatim saat menggelar konferensi pers di kantornya (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Petinggi PAN Jatim saat menggelar konferensi pers di kantornya (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

Surabaya - PAN Jatim bakal menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II di Hotel Grand Empire Palace, Surabaya pada Sabtu (30/7/2022). Agenda itu akan membahas sederet nama calon presiden (capres).

Ketua PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig mengatakan, dari beberapa nama capres yang dibahas oleh pengurus PAN di daerah hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjadi salah satunya.

"Beliau adalah satu-satunya kepala daerah wanita, memiliki organisasi wanita yang memiliki basis masa besar, yang bisa di pertanggungjawabkan," ujar Rizki di kantor PAN Jatim, Kamis (28/7/2022) malam.

Selain Khofifah, adapula nama lain seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Panglima TNI Andika Perkasa.

"Tentunya dari pembahasan Rakerwil akan kita lihat. Karena juga tim sukses dari yang lain. Ini Mas Deni dari Blitar, massanya juga bicara kalau Ganjar bisa masuk. Ini Mas Akid dari Lamongan, dia juga bilang posisi Anies bagaimana. Jadi ini kepentingannya macem-macem," jelas Rizki.

"Lalu yang tentara, ada yang bilang ketua kan dari Komisi 1 (DPR RI), masak Andika (Andika Perkasa) ndak masuk? Ya kita nggak tau. Tapi kita nanti akan potret bersama-sama," tambahnya.

Deretan nama tersebut, lanjut Rizki, akan dipertimbangkan sebagai usulan dari Jawa Timur untuk diramu dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN, yang kemudian akan diusung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP.

Baca juga:
KIB Proyeksikan Tambah 1 Partai, Zulhas: Kita Lagi Coba Ngajak Demokrat dan PKS

"Karena nanti bisa jadi kita rekapitulasi dari rakerda-rakerda atau keputusannya ada di forum Rakernas bersama provinsi-provinsi lain," jelas dia.

Rizki menyebut, bersama KIB nanti, pihaknya telah memiliki komitmen untuk menyuguhkan suasana politik yang santun, kondusif serta tidak memecah belah antar golongan.

"PAN bersama Golkar dan PPP punya wadah yang bernama KIB. Bukan semata-mata mendukung siapa, tapi KIB ingin menghadirkan narasi politik, pilpres, pileg itu lebih kondusif," tegasnya.

Baca juga:
PAN Jatim Usung 5 Nama Ini ke Rakernas, Khofifah Raih Suara Terbanyak

Dalam Rakerwil II PAN Jatim nanti, Rizki menyatakan bahwa Ketua Umum (Ketum) Zulkifli Hasan juga dijadwalkan hadir. Zulhas sekaligus membuka PANsar murah alias pasar sembako murah yang berlokasi di halaman Hotel Grand Empire Palace, Jalan Embong Malang, Surabaya.

Di sana, PAN Jatim menyiapkan sekitar satu juta sembako gratis yang bisa ditebus hanya dengan harga Rp24 ribu. Angka itu diambil dari filosofi HUT ke-24 PAN. Isinya mulai beras, gula, hingga minyak goreng.

"Pendaftaran secara online dan umum. Total satu juta paket di bulan Agustus," tandas Rizki.