Pixel Code jatimnow.com

Pawai Taaruf Meriahkan Zahrra Fest di Alun-alun Tuban

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Misbahul Munir
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat memberangkatkan peserta pawai taaruf.(Foto: tangkapan layar/jatimnow.com)
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat memberangkatkan peserta pawai taaruf.(Foto: tangkapan layar/jatimnow.com)

Tuban - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar Bazar Muharram Festival (Zahrra Fest)2022 dalam rangka meperingati Tahun Baru Islam 1444 H. Even berlangsung di Alun- alun Tuban selama dua hari pada 29-30 Juli 2022. Rangkaian acara diawali dengan pawai Taaruf yang diberangkatkan langsung Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, Jumat (29/7/2022) malam.

Pawai Taaruf mengambil rute sekitar Alun-alun Tuban. Yakni, Jalan R.A Kartini, Jalan Veteran kemudian Jalan Basuki Rahmat, Jalan Kyai Haji Musta'in, dan finish kembali di Alun-alun Tuban.

Zahrra Fest 2022 semakin semarak dengan adanya stan-stan bazar beragam produk UMKM dan produk Pesantren se-Kabupaten Tuban dengan One Pesantren One Produk (OPOP). Stan bazar berjajar rapi di sekitar Alun - alun Tuban. Acara juga dimeriahkan dengan musik religi.

Sebelum pembukaan Zahrra Fest 2022, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky memberikan bingkisan kepada anak yatim piatu. Pembukaan Zahrra Fest 2022 ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Tuban bersama jajaran Forkopimda Tuban dan beberapa jajaran staf Pemkab Tuban.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, kegiatan Zahrra Fest 2022 dalam peringatan 1 Muharram 1444 Hijriah saya nyatakan di mulai," kata Mas Bupati dilanjutkan memukul beduk di atas panggung.

Sementara mewakili Panitia Zahrra Fest 2022, Joko Purnomo menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk menyemarakkan Tahun Baru Islam. Selain itu juga sebagai bentuk syiar agama untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Baca juga:
Wow! Puluhan Ribu Warga Jatim Meriahkan Gowes Bareng Gubernur Khofifah

"Selain itu, kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi antara Mas Bupati dengan warga masyarakat," ujar Joko Purnomo yang juga Kabag Pemerintahan dan Kesra Setda Tuban.

Selain pawai taaruf, pada Zahrra Fest 2022 juga dilaksanakan bazar produk UMKM dan berbagai produk Pesantren dengan one produk one pesantren (OPOP) se-Kabupaten Tuban. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendongkrak perekonomian pelaku UMKM dan para santri pondok pesantren agar lebih mandiri.

"Ada 16 pondok pesantren se Kabupaten Tuban dan 22 UMKM yang ikut dalam bazar. Juga di meriahkan dengan musik-musik dari Islami dari Band anak-anak SMP dan Band lokal," bebernya.

Baca juga:
Gelaran Ritual 1 Suro, Mas Dhito Ikuti Kirab di Pamuksan Sri Aji Joyoboyo

Selanjutnya pada Sabtu (30/7/2022), akan dilaksanakan Ngaji Kebangsaan dengan pembicara dosen Universitas Merdeka Malang Dr Zainul Rozikin.

"Segala pembiayaan dalam pelaksanaan kegiatan ini diambilkan melalui dana APBD Kabupaten Tuban Tahun 2022 pada bagian tata pemerintahan dan kesra," pungkasnya.